KARIMUN

15 Takjil yang Dijual di Kecamatan Karimun Jadi Uji Sample Dinkes

Selasa | 14 Mei 2019 | 19:35

MEDIAKEPRI.CO.ID, Karimun – Pastikan aman dari bahan berbahaya, Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap makanan milik pedagang Takjil di kawasan Kecamatan Karimun, Senin, 13 Mei 2019 sore.

Dalam kegiatan tersebut, Dinkes Karimun mengambil sebanyak 15 sample makanan dan minuman yang dicurigai mengandung bahan- bahan berbahaya di dua lokasi Bazar Ramadan yakni di Bukit Senang dan Bazar Ramadan Kolong Kelurahan Sei Lakam Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan, dari hasil kegiatan pengawasan dan pemeriksaan dilakukan oleh pihaknya secara keseluruhan negatif atau bebas dari bahan berbahaya.

“Sampel yang kita ambil terhadap makanan- makanan yang kita curigai mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, Rhodamin, Metanil Yellow dan Siklamat. Dari hasil pengujian semuanya negatif bahan berbahaya,” kata Rachmadi, Selasa 14 Mei 2019.

Ia mengatakan, pengawasan dan pemeriksaan sampel makanan itu akan terus dilakukan ke lokasi bazar- bazar Ramadan di Kabupaten Karimun lainnya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan kegiatan dan pengawasan itu di satu Kecamatan dan akan berlanjut ke Kecamatan- kecamatan lainnya.

“Kita akan random mengambil makanan- makanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya. Sampel itu selanjutnya akan kita lakukan pemeriksaan uji lab,” katanya.

Ia mengatakan, apabila ada makanan atau takjil yang ditemukan mengandung bahan berbahaya selanjutnya akan dilakukan pelarangan untuk dijual kepada masyarakat dan memusnahkan makanan serta pembinaan terhadap penjual.

“Kita akan larang berjualan sementara sampai mereka menggunakan bahan yang aman untuk dikonsumsi,” katanya. (yan)

Editor :