NATUNA

Bandara Ranai Buka Keterisolasian Natuna

Minggu | 20 Agustus 2017 | 22:35

MEDIAKEPRI.CO.ID, NATUNA – Pintu gerbang keterisolasian sebuah daerah kiranya bisa ditangkal dengan dibukanya jalur-jalur transportasi yang handal guna mensejahterakan masyarakat dan daerah tersebut.

Hal tersebut terlihat dari Bandara Ranai Kabupaten Natuna Provinsi Kepri yang kini telah beroperasi sejak Mei 2017 silam.

Dahulunya, Bandara Ranai merupakan landasan pacu Lanud Ranai dibangun pada 1980-an, dengan luas terminal 243 m2 dan lebar landasan 32 meter.

Kini Kementerian Perhubungan telah membangun terminal baru dengan luasnya menjadi 3.865 m2 dan lebar landasan pacu 45 m dengan kapasitas pelayanan penumpang sekitar 385 orang.

Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2016 lalu, bandara ini baru mulai beroperasi secara komersil pada Mei 2017.

Pada kesempatan tersebut pun, Jokowi berharap pengoperasian terminal bandara Ranai mampu menjadi jembatan penghubung Natuna dengan daerah lain khususnya Batam dan Tanjungpinang.

“Sudah saatnya kita memandang laut, sudah saatnya kita memandang langit sebagai penghubung, sebagai pemersatu Indonesia, bukan sebagai pemisah,” kata Jokowi kala itu.

Dengan dibuka dan telah beroperasinya bandara Ranai tersebut, secara langsung membuka akses yang dapat menyejahterahkan masyarakat.

“Kalau dulu, mau ke Natuna baik itu untuk penumpang dan barang sembako hanya bisa dilakukan melalui jalur laut. Itupun sangat tergantung pada musim. Kini hal tersebut tidak lagi menjadi penghalang setelah adanya Bandara Ranai ini,” terang Jumaga Nadeak, Ketua DPRD Provinsi Kepri saat dihubungi awak media.

Dengan adanya Bandara Ranai ini, tambahnya, juga akan membuka akses untuk wisatawan dalam maupun luar negeri yang hendak berlibur ke wilayah Kabupaten yang terkenal akan keindahan alamnya khususnya bawah lautnya.

Kedepannya ia sangat berharap agar harga tiket untuk tujuan ke Natuna bisa lebih terjangkau lagi untuk penumpang khususnya domestik.

“Selain membuka isolasi, akses pariwisata di Natuna sedikit banyak akan terdongkrak. Dan hal itulah harapan kita bersama, bagaimana memajukan. Wilayah di Kepri agar lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.(Iman Suryanto)

Editor :