pemkab lingga

LINGGA

Ini Tradisi Masyarakat Panuba Isi Hari Kemerdekaan RI

Senin | 21 Agustus 2017 | 20:46

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Desa Penuba, Kecamatan Selayar mempunyai tradisi dalam mengisi dan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Hal unik yang menjadi tradisi tersebut yakni mengadakan perlombaan memancing.

Kepala Desa Penuba, syafri mengatakan perayaan memancing sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Penuba. Hal ini menunjukkan bahwa, wilayahnya ini masuk dalam kategori daerah nelayan yang potensinya laut. Makanya, kegiatan yang sesuai yakni lomba memancing.

“Untuk katagori juara, desa memilih siapa diantara masyarakat yang mendapat ikan paling banyak serta paling berat timbangannya. Dan untuk jenis ikan, tidak harus ikan yang khusus,” ujarnya seraya menjelaskan bahwa waktu yang diberikan tidak lebih dari dua jam.

Kegiatan yang menjadi tradisi masyarakat ini, katanya, begitu meenarik perhatian. Sehingga, menambah antusias warga untuk mengikuti lomba ini.

“Selain memancing, lomba dayung sampan juga ikut memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia,” ujarnya.

Kedepan, dirinya berharap lomba memancing akan tetap menjadi yang terfavorit. Karena dengan lomba memancing masyarakat banyak diajarkan nilai-nilai kesabaran, serta bagaiman melihat kondisi ekosistem untuk perlu menjaga laut.

“Jage laut. Karana laut memberikan suatu kehidupan,” katanya menegaskan. (bran)

Editor :