LINGGA

Karnaval Kemerdekaan Ri Disemarakkan Pelajar SMK 2

Kamis | 31 Agustus 2017 | 14:13

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Ratusan pelajar SMKN 2 Lingga semarakkan pawai karnaval budaya dalam rangka memperingati hari kemerdekan Republik Indonesia ke- 72 di Daik.

Pantauan matakepri.com di lapangan, karnaval yang diikuti khusus pelajar SMK 2 saja. Peserta karnaval strat dimulai dari lapangan Krida, lalu mengelilingi kota Daik melintas Jalan Istana Robat melewati Kantor Bupati hingga finis di lapangan Krida.

Pelajar yang menggunakan berbagai pakaian adat mulai dari adat Jawa, Minang dan Melayu. Selain pakaian adat, ada pula peserta yang menggunakan  pakian guru, dokter, polisi, pamong praja hingga masyrakat petani dan nelayan.

Fahrizal, guru SMK mengatakan pertama kali pelajar sekolah SMK melakukan pawai karnaval ini merupakan salah satu partisipasi dari sekolah untuk mengisi hari kemerdekaan Indonesia.

Diakuinya, walau hanya sekolah SMK saja, tetapi pelajar merasa senang. Karena, mereka bisa menghibur warga yang melihat ketika mereka memperagakan busana yang dikenakan saat pawai.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya semangat keberagaman dan toleransi di kalangan generasi muda,” kata dia.

Dia berharap tema karnaval tahun ini bisa menyebarkan semangat keberagaman dan toleransi antar komponen bangsa, terutama di kalangan generasi muda sebagai cikal bakal anak bangsa.

“Semangat keberagaman dan toleransi, penting untuk ditanamkan kepada generasi muda sejak dini, agar kelak ketika menjadi dewasa, mereka bisa saling menghargai dan menghormati keberagaman budaya etnis nusantara yang kaya,” imbuhnya. (bran)

Editor :