Sabtu | 19 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Gempa 8 SR di Meksiko 6 Orang Tewas

Jumat | 08 September 2017 | 22:43

MEDIAKEPRI.CO.ID, Mexico City – Gempa bumi berkekuatan 8 Skala Richter (SR) yang mengguncang pantai selatan Meksiko telah menewaskan sedikitnya 6 orang. Gempa ini memicu gelombang tsunami kecil namun tidak ada kehancuran besar.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (8/9/2017), gempa yang melanda Meksiko pada Kamis (7/9) tengah malam ini lebih kuat dari gempa dahsyat pada tahun 1985 yang meluluhlantakkan Mexico City dan menewaskan ribuan orang. Namun dampak kerusakan gempa terbaru ini tidak separah saat itu.

Sejumlah gedung di sebagian wilayah Meksiko selatan rusak parah akibat gempa. Beberapa laporan kerusakan parah datang dari wilayah Juchitan, negara bagian Oaxaca, dengan gedung balai kota, hotel, bar dan gedung-gedung lainnya kini tinggal reruntuhan.

Petugas penyelamat terus bekerja sepanjang malam di area-area terdampak parah untuk memeriksa orang-orang yang terjebak di dalam gedung yang ambruk akibat gempa.

Sejumlah kaca jendela di bandara Mexico City dilaporkan pecah. Sedangkan aliran listrik untuk beberapa wilayah ibu kota terputus, sehingga lebih dari 1 juta orang terpaksa hidup dalam kegelapan untuk sementara. Getaran gempa ini dilaporkan terasa hingga ke Guatemala, negara tetangga Meksiko.

Sejauh ini dilaporkan enam orang tewas akibat gempa bumi yang melanda saat mayoritas warga Meksiko sedang tertidur ini. Gubernur Chiapas menyebut empat orang tewas di wilayahnya, dengan dua orang di antaranya tewas tertimpa puing rumahnya yang roboh. Sedangkan Gubernur Tabasco, Arturo Nunez, menyebut dua anak-anak tewas di wilayahnya. Penyebab kematiannya tidak diketahui pasti.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS, mencatat gempa ini berpusat di perairan Pasifik, tepatnya di lokasi yang berjarak 87 kilometer dari kota Pijijiapan, Chiapas. Pusat gempa dilaporkan berada di kedalaman 68 kilometer dari permukaan laut, sebelumnya dilaporkan 33 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan gempa ini memicu gelombang tsunami setinggi 0,7 meter. Sebelumnya diperkirakan gelombang tsunami dengan ketinggian lebih dari tiga meter mungkin melanda sejumlah pantai Meksiko.

“Risiko tsunami di pantai Chiapas tidak menunjukkan ancaman besar, tidak terlalu besar, bukan kekhawatiran besar,” tegas Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dalam pernyataannya yang disiarkan televisi setempat, Televisa.

USGS mencatat, gempa ini memicu sejumlah gempa susulan dengan kekuatan antara 4,3 SR hingga 5,7 SR. Presiden Nieto meminta warga tetap waspada dan berhati-hati memeriksa rumah serta kantor untuk kemungkinan kerusakan struktural atau kebocoran gas. “Kita harus waspada,” ucapnya.(***)

Editor :