Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Ini Loh 10 Pola Makan yang Baik Cegah Flu dan Pilek

Jumat | 29 September 2017 | 14:00

MEDIAKEPRI.CO.ID – Flu dan pilek sering melanda saat musim hujan. Agar tak terserang keduanya, perkuat daya tahan tubuh dengan terapkan pola makan yang tepat.

Menerapkan pola makan yang tepat bisa jadi senjata ampuh untuk cegah flu dan pilek. Health With Food Rabu 27 September 2017 merangkum 10 pola makan yang efektif cegah penyakit langganan di musim pancaroba ini.

1. Tambah Asupan Allicin

Sejak dulu, bawang putih banyak dipakai untuk obati berbagai penyakit, termasuk flu dan pilek. Banyak penelitian terbaru menunjukkan aktivitas anti-bakteri dan anti-virus bawang putih melawan infeksi berasal dari senyawa allicin. Senyawa ini ditemukan pada bawang putih yang sudah dihancurkan atau dicincang. Allicin juga dapat ditemukan pada tanaman lain dari keluarga Allium seperti bawang merah dan bawang bombay.

2. Kurangi Makanan Tinggi Gula

Ada bukti ilmiah kuat menunjukkan bahwa gula menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Ketika sel darah putih yang bertugas menjaga sistem kekebalan tubuh terkena kadar gula tinggi, kemampuan mereka melawan bakteri menurun secara signifikan. Sehingga tubuh lebih rentan terhadap semua infeksi. Selain itu, gula mengurangi beberapa vitamin penting penangkal flu termasuk vitamin C, E dan B.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin C sejak lama dipercaya sebagai obat flu. Sebuah studi menunjukkan konsumsi dosis besar vitamin C sebelum serangan flu bisa mempersingkat durasi gejala dan bahkan mencegah gejala flu sepenuhnya. Vitamin C diyakini bertindak melawan virus flu dengan cara merangsang sel darah putih yang melindungi tubuh dari virus.

4. Jangan Minum Susu

Susu diduga mendorong terjadinya penumpukan lendir di tenggorokan yang artinya memperburuk gejala flu. Namun, hasil penelitian yang mendukung penghindaran susu untuk mengobati flu masih terbatas dan hasilnya tidak meyakinkan.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah membatasi asupan susu membantu mengurangi gejala dingin adalah dengan bereksperimen sendiri saat Anda alami flu. Lihat apakah susu memperburuk flu atau tidak

5. Tambah Asupan Zinc

Zinc meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi intensitas gejala flu serta durasi pilek. Ini karena zinc memproduksi penghilang bakteri dalam sel darah putih dan mempertahankan kelancaran kelenjar timus yang terlibat dalam regulasi sistem kekebalan tubuh.

Zinc membutuhkan vitamin B6 untuk penyerapan yang tepat di usus. Zinc bisa ditemui dalam berbagai makanan seperti tiram, daging merah, dan unggas.
Zinc dari sumber tanaman seperti kacang-kacangan, kacang polong, dan biji-bijian memiliki jenis yang berbeda dari yang ditemukan pada sumber hewani dan tidak mudah digunakan oleh tubuh. Lain halnya dengan gandum yang merupakan sumber zinc yang baik yang dapat dengan mudah digunakan tubuh

6. Tangkal Gejala Flu dengan Minuman Hangat dan Sup

Teh panas dan sup telah digunakan sebagai obat tradisional untuk pilek dan flu selama berabad-abad. Sebuah penelitian yang dilakukan di Common Cold Centre di Cardiff University menemukan bahwa minuman panas berbahan buah dapat mengatasi segera gejala pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, dll.

7. Konsumsi Makanan Berbumbu

Penelitian menunjukkan makanan dengan rasa tajam atau pedas yang dibuat dari jahe, cabe rawit, kari, bawang merah dan lobak dapat menangkal flu. Efek ini diperkirakan berasal dari kemampuan makanan pedas untuk membersihkan mampet di tenggorokan dengan merangsang selaput lendir.

8. Makan Makanan yang Mengandung Bakteri Probiotik

Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum disebut bakteri probiotik yang hidup di saluran pencernaan dimana mereka membantu pencernaan dan melawan pertumbuhan berlebih dari bakteri penyebab penyakit.

Beberapa studi baru menunjukkan bahwa bakteri tersebut juga efektif mencegah infeksi saluran pernafasan seperti flu dan pilek dan juga telah terbukti mengurangi durasi dan tingkat keparahan gejala flu biasa.

Sumber makanan bakteri probiotik meliputi yogurt, susu dan susu asam yang diperkaya dengan bakteri, miso, dan tempe.

9. Minum Air yang Cukup, Hindari Alkohol

Air minum membantu menjaga saluran lendir di tenggorokan tetap lembab. Sehingga membantu menyiram virus dan bakteri ke perut dimana asam kuat akan menghancurkan keduanya.

Minum banyak cairan saat flu juga penting karena Anda kehilangan lebih banyak cairan saat sakit. Hindari minuman beralkohol karena alkohol dapat menghabiskan nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

10. Pastikan Mendapat Cukup Vitamin D

Vitamin D memiliki efek perlindungan terhadap pilek dan infeksi saluran pernapasan lainnya, terutama pada penderita asma dan kondisi paru-paru kronis lainnya. Vitamin ini larut dalam lemak yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan seperti hati, kuning telur, ikan, dan produk susu yang diperkaya vitamin D. (***)

Editor :