mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

BINTAN

Kabupaten Bintan Segera Mantapkan Sistem Layanan E-Puskesmas

| Rabu | 27 September 2017 | 12:31 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bintan – Bupati Bintan H Apri Sujadi S.Sos mengutarakan bahwa keinginannya untuk melakukan pembenahan dan menciptakan Pelayanan Kesehatan yang berbasis teknologi informasi akan segera diwujudkan melalui beberapa program di Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan. Beberapa langkah inovasi pelayanan kesehatan mulai disiapkan, diantaranya dengan mengaktifkan aplikasi pelayanan E-Puskesmas, dimana sebelumnya juga akan diterapkan pelayanan kesehatan sistem jemput bola , dan juga pelayanan Puskesmas hingga pukul 22.00 WIB.

” Pembenahan terus kita lakukan bertahap, mulai dari infrastruktur hingga inovasi pelayanan agar bisa memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat ” ujarnya di Ruang Kerja Kantor Bupati Bintan.

Dituturkannya juga bahwa dengan hadirnya aplikasi E-puskesmas hendaknya mampu menjawab tantangan dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

” Pelayanan E Puskesmas dalam waktu dekat akan kita aktifkan. Kita harapkan hal ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr.Gama Isnaini mengatakan bahwa penggunaan sistem informasi kesehatan E-Puskesmas akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya pemegang Kartu BPJS. Dimana penerapan E-Puskesmas melalui Aplikasi Infokes mobilenya akan terkoneksi langsung dengan data dan nomor BPJSnya .

” sesuai arahan Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dalam waktu dekat pengaktifan dan penerapan E-Puskesmas ini untuk meningkatkan dan mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Bintan. Ada
4 Puskesmas yang sudah kita coba terapkan sejak Juli 2017, dan dalam waktu dekat kita akan aktifkan 2 Puskesmas lagi yaitu Puskesmas Teluk Sebong dan Sei Lekop jadi totalnya 6 Puskesmas dengan layanan E-Puskesmas nantinya ” ujarnya di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan , Selasa, 26 September 2017 pagi.

Ditambahkannya juga bahwa saat ini, Layanan tersebut akan diintegrasikan langsung secara online dengan BPJS Kesehatan melalui aplikasi E-Puskesmas.

” Penggunaannya sangat mudah, pengguna bisa mendownload aplikasi Infokes Mobile Apps di Google Playstore bagi Handphone Android. Ada beberapa Fitur Aplikasi yang bisa dimanfaatkan mulai dari pendaftaran, cek nomor BPJS hingga cek antrian. Saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan juga telah mendapatkan Penghargaan dari PT Telkom Indonesia selaku pendahulu penerapan E Puskesmas di Wilayah Kepri ” tutupnya.

Sumber: humas Pemkab Bintan