Kamis | 19 September 2019 |
×

Pencarian

NEWS

KPK Panggil Tujuh Saksi untuk Tersangka Novanto

Jumat | 22 September 2017 | 14:18

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tujuh orang saksi untuk diperiksa terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Ketujuh saksi tersebut diperiksa untuk tersangka Setya Novanto.

“Kepada yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat 22 September 2017.

Mereka adalah dua orang karyawan swasta Melyanawati dan Evi Andi Noor Halim; karyawan PT Softorb Technology Indonesia (STI) Dudy Susanto; Perekayasa Madya di Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) BPPT Slamet Aji Pamungkas; Mulyadi, bekas supir mantan Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman; PNS Ditjen Dukcapil Kemendagri Fajar Kurniawan, serta PNS Kepala Seksi Biodata NIK dan Kartu Keluarga Direktorat Pendaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil Kurniawan Prasetya Atmaja.

KPK terlah memeriksa ratusan saksi untuk dimintai keterangan. Namun, KPK belum sekalipun memeriksa Novanto sebagai tersangka. Lembaga pimpinan Agus Rahardjo itu telah dua kali memanggil Novanto pada 11 September dan 18 September 2017. Sayangnya, Ketua Umum Partai Golkar itu mangkir.

Pada pemanggilan pertama, Novanto mangkir lantaran terserang vertigo dengan komplikasi jantung dan hati. Pada pemanggilan kedua, Novanto tak hadir dengan alasan pemasangan ring jantung dan pemeriksaan kateter.

KPK menetapkan Novanto sebagai tersangka karena diduga mengakibatkan kerugian negara Rp2,3 triliun dari nilai paket pengadaan sekitar Rp5,9 triliun dalam paket pengadaan KTP-el.

Novanto dijerat Pasal 2 ayat (1) atas Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sumber : Metro news

 

Editor :