Rabu | 23 Oktober 2019 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Shalat Gaib Warga Pinang untuk Rasa Peduli Rohingya

Rabu | 06 September 2017 | 23:30

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Rasa solidaritas masyarakat Tanjungpinang untuk Rohingya di gelar di Lapangan Pamedan. Ratusan warga Tanjungpinang yang tergabung dalam Forum Kemanusian Peduli Rohingya melakukan aksi demo mengecam pembantaian etnis Rohingya oleh penguasa Myanmar yang terjadi di Provinsi Rakhinee.

Aksi yang juga diikuti Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd tersebut dilaksanakan di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Rabu (06/09/2017). Dalam tuntutan dan orasi pendemo, ada empat point dan tujuh sikap yang disuarakan.

Pertama aksi kekerasan dan pembantaian terhadap etnis Rohingya oleh penguasa Myanmar merupakan tragedi kemanusiaan yang kejam dan sadis. Kedua telah terjadi pelanggaran HAM berat serta mencabik-cabik rasa kemanusiaan. Ketiga penguasa Myanmar sudah melakukan genocida terhadap etnis Rohingya. Keempat Negara Myanmar telah melanggar Universal Declaration of Human Rigth, 10 desember 1948 dan dapat di tuntut di depan Mahkamah Internasioanal.

Menyikapi hal tersebut, pendemo bersikap mengecam kebiadaban Pemerintah Myanmar terhadap umat Muslim Rohingya dan mendesak PBB untuk segera mengambil langkah strategis penyelamatan Muslim Rohingya dan mengadili Aung Saan Sun Kyi ke Mahkamah Internasional.

Mendesak Presiden RI untuk meningkatkan usaha-usaha diplomatik dalam membantu Muslim Rohingya di Myanmar. Selain itu meminta agar Gubernur Kepulauan Riau untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membuka kembali ex kampung pengungsian Vietnam atau menyiapkan pulau tertentu di Kepulauan Riau sebagai tempat pengungsi Rohingya.

Aksi diakhiri dengan sholat ghaib yang dipimpin oleh H. Syahrul, S.Pd mendoakan warga Rohingya yang menjadi korban kekerasan dan pembantaian di Myanmar. (bobi/wok)

Editor :