BATAM

Gunakan Roro, 30 Napi Rutan Batam ‘Pindah Rumah’ ke Lapas Tanjungpinang

Kamis | 05 Oktober 2017 | 11:30

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Sebanyak 30 narapidana kasus narkotika dari rumah tahanan (Rutan) Tembesi, Batam, dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) Tanjungpinang, Rabu, 4 Oktober 2017. Keberangkatan napi ke Ibukota Provinsi Kepri tersebut melalui Dermaga Telaga Punggur dengan menggunakan kapal roro.

Pemindahan napi yang sudah menerima putusan hukuman ini dilakukan karena kondisi Rutan Barelang yang tidak memungkinkan. Soalnya, jumlah daya tampung Rutan hanya sebanyak 250 napi, sedangkan jumlah napi yang berada di Rutan sebanyak 931. Artinya, pemindahan napi ini akibat over kapasitas.

“Jumlah tahanan yang ada saat ini di Rutan sebanyak 931 orang, sementara kapasitas daya tampung 250 orang. Untuk kami pindahkan kemarin 30 orang ke Tanjungpinang,” kata David Gultom, Kepala Rutan Batam, Kamis, 5 Oktober 2017.

David mengatakan dipilihnya Lapas Narkotika Tanjungpinang karena masih satu provinsi dan sesuai rekomendasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Napi yang dipindahkan rata rata hukuman pidanya diatas dua tahun dengan kasus narkotika. (nikson)

Editor :