Jumat | 18 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Begini Dampaknya Jika Anak Terbiasa Makan Sambil Main Gadget

Selasa | 03 Oktober 2017 | 9:39

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Anak susah banget makannya. Duh, itu bisa jadi PR tersendiri buat kita sebagai orang tua ya, Bun. Kadang, supaya anak gampang makan, ada bunda atau ayah yang menyogok si kecil dengan membolehkan main gadget, asal mau makan. Ketika ini dilakukan, secara nggak disadari ada efeknya buat si kecil lho.

Psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo atau akrab disapa Anas bilang sebisa mungkin kita nggak memberi anak gadget pas makan, Bun. Tujuannya, supaya anak lebih menikmati proses makan.

Nah, ketika kita membiasakan anak makan sambil main gadget, salah satu efeknya yang bisa terlihat adalah anak bisa nggak mau makan kalau nggak ada gadget. Padahal, saat nanti si kecil sekolah, nggak mungkin dong, Bun, kita bawain gadget untuk si kecil demi dia mau makan saat di sekolah.

“Terbiasa makan sambil main gadget juga bikin anak nggak fokus pas makan. Anak juga nggak belajar sensor kapan lapar dan kenyang. Sama aja kayak kita orang dewasa kalau makan sambil nonton film, kan makanan main masuk aja ya. Kita jadi nggak aware sama kapan kita lapar dan kenyang,” kata Anas di sela-sela 18th Kidz Station Anniversary Celebration di Gandaria City, Jakarta, baru-baru ini.

Kalau biasa makan ditemani gadget, anak juga jadi nggak punya family time, Bun. Anas menekankan, ketika orang tua juga pakai gadget padahal lagi makan bersama di meja makan, family time pun hilang begitu saja. Idealnya, saat makan semua anggota keluarga nggak pegang gadget saat makan supaya bisa share experience.

“Sehingga makan bersama bisa jadi pengalaman penuh cinta. Kita bisa saling cerita, nanya ke anak gimana aktivitasnya hari ini. Jadi kitanya nggak sibuk sama gadget masing-masing,” tambah Anas.

Ketika anak sudah kecanduan gadget saat makan, Anas menyarankan kurangi durasi pemakaian gadget saat makan pelan-pelan. Misalnya anak terbiasa pakai gadget 15 menit, kurangi jadi 10 menit. Nah, 5 menit waktu main gadget yang dikurangi diganti dengan aktivitas lain, Bun.

Misalnya mewarnai, main slime, atau main busy book. Lakukan pengurangan durasi selama 2 minggu sampai nanti anak bisa benar-benar lepas gadget saat makan. Selamat mencoba dan tetap semangat ya, Bun!(***)

 

Editor :