Rabu | 23 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

BI: Inflasi 2017 Mendekati 3,5%

Selasa | 03 Oktober 2017 | 19:52

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bank Indonesia (BI) meyakini jika tingkat inflasi untuk tahun ini bisa mendekati 3,5 persen. Level tersebut lebih rendah dari target yang dipatok di awal tahun yaitu sebesar empat plus minus satu persen.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, raihan inflasi September sebesar 0,13 persen. Dengan pencapaian tersebut maka bank sentral yakin target inflasi dapat tercapai apalagi untuk menuju akhir tahun hanya menyisakan beberapa bulan.

“Year to date-nya 2,6 persen katakan 2,7 persen. Jadi ya inflasi kita kemungkinan kan bisa di bawah empat persen malah mungkin mendekati 3,5 persen,” kata MIrza di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa 3 Oktober 2017.

Dirinya menambahkan, BI memang tak bisa secara langsung mengendalikan inflasi karena ini berada di sektor riil. Namun begitu BI bisa mengkoordinasikan agar inflasi tetap terjaga, dengan cara menjaga pasokan barang yang biasa menyumbang inflasi.

“Maka itu BI banyak koordinasi dengan sektor riil. Kalau mau jaga inflasi, jumlah barang dan jasa harus cukup sehingga mau enggak mau bagaimana cara meningkatkan produksi, menjaga permintaan,” jelas dia.

Pada bulan lalu, inflasi 0,13 persen membawa inflasi secara tahun kalender sebesar 2,66 persen. Sementara untuk inflasi tahunan tercatat sebesar 3,72 persen atau masih dalam rentang target yang dipasang.

Terjaganya inflasi merupakan hasil dari bagaimana pemerintah, BI, dan berbagai pihak menjaga agar tak terjadi gejolak dari volatile food. Meskipun komponen administered price sedikit meningkat tapi hal itu bisa diatasi dengan baik.

Sumber : metronews

Editor :