Rabu | 20 November 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Ibu Hamil Perlu Cek ke Dokter Kalau Alami Mual Muntah Begini

Jumat | 20 Oktober 2017 | 8:47

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Mual muntah, salah satu keluhan yang umum dialami ibu saat sedang hamil. Tapi, ada kondisi mual muntah yang membuat Bunda perlu segera cek ke dokter nih, Bun.

“Kalau mual muntahnya berlebihan, nggak bisa makan minum apapun, perlu segera cek ke dokter. Bahkan cuma diminumin air putih aja sudah balik (muntah) lagi, lebih baik secepatnya bawa ke dokter ya,” kata dr Philip Agustinus SpOG dari RS Mayapada Tangerang.

Loading...

dr Philip bilang, kalau ibu hamil mengalami mual muntah berlebihan sampai minum saja nggak bisa, dikhawatirkan bakal dehidrasi yang akan berpengaruh buruk buat janin.

Lalu, ketika nggak ada asupan yang masuk ke tubuh baik makanan atau minuman, nantinya badan akan berada dalam hunger state dan mengeluakan keton.
Keton merupakan pengganti energi yang hilang karena ibu tidak bisa makan dan minum.

Keton ini dipercaya tidak bagus untuk janin, Bun.

Kenapa?

Loading...

Kata dr Philip, ada kasus-kasus ketika di dalam tubuh ibu kadar ketonnya meningkat, bayinya mengalami kematian. Walau memang, gangguan secara langsung pada janin kata dr Philip belum diketahui secara pasti.

“Pokoknya kalau mual muntah sampai nggak bisa minum, segera ke dokter.

Nanti kan di rumah sakit akan dilakukan pemeriksaan, dilihat kadar elektrolitnya dan di urine-nya ada keton atau nggak,” kata dr Philip dalam Live Instagram dan Facebook ‘Keluhan Saat Hamil’ yang diselenggarakan HaiBunda bersama Mayapada Healthcare Group.

Ketika terdeteksi ada keton di urine, berarti hunger stage yang dialami ibu sudah parah dan kalau begitu, Bun, si ibu hamil harus dirawat dan mendapat cairan infus.

Sehingga, asupan bisa masuk ke tubuh dan kadar elektrolitnya pun bisa diperbaiki.

dr Philip menjelaskan, mual muntah selama hamil kadang disertai nafsu makan menurun disebabkan faktor hormonal selama hamil. Selain itu, asam lambung juga meningkat dan terdapat relaksasi lambung. Sehingga, lambung menekan ke usus kemudian bisa terasa pula nyeri di ulu hati.

“Mual muntah disertai pusing, itu biasanya satu paket.

Umumnya sampai usia kandungan 12 minggu tapi ada juga yang sampai usia kandungan 16 minggu bahkan sampai akhir kehamilan, tergantung kondisi masing-masing ibu. Beberapa vitamin juga bisa memicu mual dan muntah, umumnya yang mengandung zat besi dan minyak ikan,” kata dr Philip.(***)

 

Editor :

Loading...
Loading...