Rabu | 20 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Karyawan dan Bos Bekerja di Rumah, Kesehatan dan Kebahagiaan Meningkat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pergi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan memang suatu hal yang melelahkan. Belum lagi harus melewati jarak yang cukup jauh dan lalu lintas yang sangat padat.

Hal itu tentu saja dapat menurunkan kualitas kesehatan dan kebahagiaan, baik karyawan maupun bos itu sendiri.

Loading...

“Pekerjaan mereka mengharuskan mereka bekerja sangat keras, bekerja di luar jam kerja formal untuk menyelesaikan pekerjaan, dan mereka melakukan banyak usaha melebihi apa yang sebenarnya diperlukan,” tulis peneliti dikutip dari TIME, Minggu 8 oktober 2017

Melihat kondisi seperti ini, sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Cardiff menunjukkan bahwa orang yang bekerja dari rumah lebih merasa bahagia dan lebih sehat dibandingkan harus pergi ke kantor.

Bekerja dari jarak jauh sudah berkembang menjadi suatu tren di Inggris. Penelitian yang dipublikasika di jurnal New Technology, Work and Employment menyatakan tren karyawan bekerja dari rumah meningkat sebesar 20 persen di tahun 2012 dan 24 persen di tahun 2015.

Selain itu, pekerja jarak jauh cenderung melaporkan tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi dan lebih cenderung mengatakan bahwa pekerjaan mereka menyenangkan dan merangsang, daripada orang-orang yang melakukan pekerjaan yang sama di lingkungan kantor.

Loading...

Namun ternyata juga ada dampak negatifnya, pekerja jarak jauh cenderung tidak dapat memisahkan pekerjaan dengan kehidupan di rumah. Jika tidak ditangani dengan baik, malah akan menyebabkan suatu masalah besar.(***)

Loading...
Loading...