KESEHATAN

Awas, Badan Terlalu Kurus Bikin Menopause Dini, ini Penjelasannya

Kamis | 02 November 2017 | 13:29

MEDIAKEPRI.CO.ID,Jakarta – Memiliki tubuh yang langsing dan kurus adalah dambaan semua orang terutama kaum perempuan.

Banyak orang rela melakukan apapun untuk menurunkan berat badannya. Mulai dari olahraga, diet, hingga sedot lemak dan aksi medis lainnya.

Sayangnya, mereka gagal untuk memahami bahwa memiliki tubuh kurus ini juga dapat memiliki beberapa efek samping. Sebuah studi baru menemukan bahwa menjadi remaja yang kurus meningkatkan risiko wanita mengalami menopause dini.

Selain itu, kasus ini ditemukan serupa dengan wanita yang memiliki berat badan kurus di usia pertengahan 30an.

Untuk penelitian ini, para periset telah mempertimbangkan sekitar 78.759 wanita pra-menopause berusia 25 sampai 42 tahun yang bergabung dengan Studi Kesehatan Perawat AS II pada tahun 1989 dan dianalisis.

Menopause dini Riwayat medis dan perilaku tertentu dari para partisipan seperti merokok dan olahraga juga dipertimbangkan untuk penelitian ini. Peserta ditindaklanjuti hingga 2011.

Dari penelitian tersebut, sebanyak 2.804 peserta telah melaporkan mengalami menopause dini. Sementara itu juga dicatat bahwa, wanita yang masuk dalam kategori ini pada usia berapapun memiliki 30% peningkatan risiko menopause dini dibandingkan dengan wanita kurus atau berat badan normal dengan BMI antara 18,5 dan 22,4.

Menurut penelitian, untuk wanita yang memiliki berat badan kurang pada usia 18 tahun dengan BMI kurang dari 17,5, risikonya meningkat sebesar 50%. Wanita yang memiliki berat badan kurang pada usia 35 memiliki kemungkinan 59% kemungkinan menopause dini.

Penelitian ini dipublikasikan dalam terbitan terakhir jurnal Human Reproduction. Untuk menghindari itu terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya mengonsumsi i beberapa makanan untuk menjaga berat badan sehat seperti dikutip Boldsky.com berikut ini

Makanan kaya kalsium

Termasuk makanan kaya kalsium dalam makanan sehari-hari Anda adalah suatu keharusan. Makanan kaya kalsium tidak hanya membantu dalam membangun tulang Anda tapi juga membantu menjaga berat badan tetap sehat.

Anda mungkin takut minum susu karena mengandung lemak, ada banyak pilihan lain, Anda bisa mendapatkan susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Selain susu, ada sumber kalsium lain yang baik seperti kedelai, oatmeal, spinack, kale, ikan seperti salmon dan sarden.

Buah Segar

Tidak ada yang lebih baik daripada menambahkan buah segar dalam makanan sehari-hari Anda. Buah mengandung semua nutrisi penting dan mineral seperti vitamin, kalsium, magnesium dan potasium yang dibutuhkan tubuh kita. Apel, jeruk dan pisang adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi, membantu menjaga berat badan Anda.

Sayuran Segar

Kaya akan serat, kandungan zat besi dan nutrisi penting lainnya, sayuran, terutama yang berdaun hijau harus dimiliki jika Anda ingin tetap sehat. Brokoli, bayam dan bahkan kacang adalah beberapa sayuran yang membantu. Sayuran ini bisa dikonsumsi mentah, dimasak dan dalam bentuk salad juga. Array Nuts: Kacang-kacangan seperti kacang almond, kaya akan asam oleat, serat dan mengandung lemak baik.

Almond harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari jika Anda ingin mempertahankan berat badan yang sehat. Karena kacang almond rendah kalori dan berfungsi sebagai salah satu makanan ringan terbaik dan membuat Anda kenyang lama. (***)

 

Editor :