Senin | 18 November 2019 |
pemkab lingga
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Lingga

LINGGA

Injakkan Kaki di Lingga, Wapres RI, Jusuf Kalla Ditambal Gelar Sri Perdana Mahkota Negara

Minggu | 19 November 2017 | 20:49

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla tiba di Daik Lingga, Minggu, 19 November 2017 sekitar pukul 14.30 WIB. Kedatangan orang nomor dua di Indonesia ini didampingi oleh istri tercinta, Mufidah Kalla.

Begitu menginjakkan kakinya di Kabupaten Lingga dengan menggunakan helikopter dari Batam, Wapres RI ini ditambal pemangku adat lembaga ada melayu dengan gelar khusus. JK yang datang menggunakan batik tersebut diberi gelar dengan nama Sri Perdana Mahkota Negara.

Loading...

Adapun untuk prosesi pemberian gelar tersebut dilakukan dengan ditandai pemasangan tanda kebesaran adat berupa tanjak, selempang, keris dan warkah. Penyematan tanda kebesaraan Adat melayu ini dilakukan oleh Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau Datok Sri Setia Amanah, Abdul Razak.

JK menyebut Indonesia menjadi besar karena beragam adat-istiadat.bahasa melayu telah memberikan andil yang besar kepada negara dan bangsa ini ,karna menurutnya bahasa yang telah mempersatukan bangsa.

“Walaupun penduduk melayu bukanlah penduduk yang terbesar dibangsa ini,tetapi semuanya rela bahasa melayu menjadi bahasa pemersatu kita semua,”ujar JK.

Sementara itu, dikatakannya hal itu tidak banyak terjadi negara negara lainya. Bahkan ada dua dan tiga bahasa dinegara lain. Karena, katanya, tidak ada yang memiliki bahasa pemersatu.

Loading...

Sebagaimana diketahui sosok yang berasal dari Bugis, JK bercerita bahwa suku Bugis memiliki hubungan yang baik dengan warga Melayu. Keduanya sejak berabad-abad lalu selalu saling mendukung satu sama lain.

Kedatangan JK ini memberikan arti tersendiri bagi masyarakat. Sehingga antusias masyarakat Daik yang ingin melihat langsung orang nomor dua negara itu. Hal ini merupakan kedatangan pertama kali negarawan yang datang ke Daik, Lingga yang merupakan Bunda Tanah Melayu, sejak berdiri Kabupaten Lingga selama 14 tahun lalu.

Editor :

Loading...
Loading...

Sorry. No data so far.