Senin | 26 Oktober 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Kepri Media Group Nyatakan Kesiapan untuk Jalani Verifikasi Media dari Dewan Pers

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Tidak boleh tidak, proses verifikasi yang dilakukan oleh Dewan Pers menjadi sebuah keharusan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pemberitaan yang tidak benar dari media yang bukan arus utama atau mainstream.

Proses verifikasi yang didorong oleh Dewan Pers ini dilakukan untuk menciptakan media yang mampu memberikan sebuah informasi yang benar untuk masyarakat tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Loading...

Untuk itu, Kepri Media Group, terdiri dari mediakepri.co.id, wartakepri.co.id dan batamclick menyatakan untuk patuh dan taat terhadap aturan main Dewan Pers. Oleh karena itu, Kepri media group siap untuk menjalani proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Kita memang harus menjalani verifikasi ini. Dan kami (Kepri Media Group) siap untuk menjalaninya. Berkas administrasi sesuai yang diatur Dewan Pers sudah dipersiapkan,” ujar Dedy Suwadha, penanggungjawab wartakepri.co.id.

Menurut Wakil Sekretaris SPS Kepri, Novianto mengatakan setelah empat media diatas, akan segera dilakukan verifikasi sejumlah media lainnya. Dan saat ini, tambahnya, ada sejumlah media yang menyatakan siap untuk diverifikasi diantaranya yakni, mediakepri.co.id, wartakepri.co.id, dan batamclick.

“Setelah empat media cetak, akan menyusul media online di Batam. Saat ini proses terdata di Dewan Pers, dan juga ada yang telah terdata di Serikat Media Siber Indonesia (SMSI),” papar Novianto yang juga merupakan penanggungjawab batamclick.com.

Loading...

Sementara itu, tim Verifikasi Media SPS (Serikat Perusahaan Pers) Kepri menggelar rapat pleno membahas kelengkapan administrasi dan faktual empat media di Kepri. Yaitu, Koran Sindo Batam, Haluan Kepri, Tanjungpinang Pos, dan Posmetro Batam, Senin, 20 November 2017.

“Mereka ini sudah kami verifikasi secara administrasi dan faktual dengan mendatangi kantor medianya masing-masing pekan lalu,” ujar Ketua Tim Verifikasi Media SPS Kepri, Candra Ibrahim seusai menggelar pleno bersama dengan dua orang anggota tim, Saibansah Dardani dan Deden Rosanda.

Nantinya, lanjut Candra Ibrahim, hasil pleno ini akan kami kirim ke Dewan Pers melalui SPS Kepri. Selanjutnya, Dewan Pers akan melakukan pleno di tingkat pusat. “Hari ini kami membawa dan membongkar dokumen yang jumlahnya empat bundel. Beratnya kira-kira 8 sampai 10 kilogram,” ujar Deden Rosanda, menambahkan.

Sementara itu, Saibansah Dardani mengingatkan kepada para pimpinan media yang belum mengirimkan atau belum melengkapi berkas untuk diverifikasi administrasi, diimbau agar segera melengkapi dan menghubungi tim.

“Karena banyaknya media yang ada di Kepri, prioritas utama kami adalah memverifikasi media-media yang tergabung ke dalam SPS Kepri yang dilengkapi oleh bukti bahwa mereka sudah bergabung di bawah Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Kepri,” tegas Saibansah Dardani.

Sebab, lanjut pria yang juga Sekretaris PWI Kepri itu, kami bekerja berdasarkan Rekomendasi SPS Kepri yang kemudian di-SK-kan oleh SPS Pusat setelah berkoordinasi dengan Dewan Pers.

Sebelumnya, Tim Verifikasi Media SPS Kepri telah mengantarkan empat media lolos dan mendapat sertifikat dati Dewan Pers. Keempat media itu adalah Batam Pos, Tribun Batam, media online batamtoday.com dan batamnews.co.id. (rilis/eddy supriatna)

Loading...
Loading...