Sabtu | 05 Desember 2020 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Panas Dalam Bikin Tubuh Jadi Enggak Enak, Sembuhkan dengan Cara Alami ini

MEDIAKEPRI.CO.ID, – Istilah panas dalam cukup populer diucapkan.
Biasanya merujuk pada kondisi badan yang tak enak, rasa mual, tubuh terasa panas, sariawan, sakit tenggorokan dan bibir pecah-pecah

Dalam dunia kesehatan, sebenarnya tidak ada istilah panas dalam.

Loading...

Istilah ini menjadi populer karena kerap digunakan kalangan masyarakat untuk menunjukkan kondisi badan yang tidak fit dan disertai gejala seperti bibir pecah, sariawan, plus radang tenggorokan.

Gejala panas yang dirasakan di dalam tubuh sebenarnya adalah mekanisme pertahanan dari sistem kekebalan tubuh ketika melawan gejala penyakit.
Penyebabnya pun macam-macam.

Misalnya untuk orang yang mengeluh panas dalam dengan gejala sariawan atau radang tenggorokan berarti terjadi peradangan pada mulut dan tenggorokan akibat infeksi.

Panas dalam juga bisa menjadi sinyal bagi tubuh yang kelelahan

Loading...

Itu artinya tubuh butuh istirahat.

Jika daya tahan tubuh menurun karena kelelahan, maka dapat memancing timbulnya berbagai penyakit yang memicu timbulnya panas dalam tadi.

Panas dalam juga bisa timbul akibat ketidakseimbangan hormon

ada wanita yang sedang haid misalnya, terkadang disertai keluhan sariawan, perut tak nyaman, hingga rasa terbakar di dalam dada.

Semua gejala ini bisa muncul akibat perubahan hormonal, stres, infeksi, hingga kekurangan vitamin C dan zat besi yang menurunkan daya tahan tubuh.

Gejala panas dalam akibat infeksi bisa diobati dengan antibiotik.

Namun kita juga bisa mencoba melalui cara alami yang lebih sehat.

Salah satunya dengan minuman cincau yang memiliki kandungan karbohidrat, kalsium, fosfor, dan vitamin A, B1, dan C yang bermanfaat meredam panas dalam.

Bahkan serat larut airnya bisa mengikat kadar gula dan lemak yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Dikombinasikan dengan kayu manis juga cukup efektif karena kayu manis mengandung minyak atsiri eugenol, tanium, dan oksalat yang juga berkhasiat meredam panas dalam plus antioksidan.

Itulah aneka cara alami untuk mengobati panas dalam.

Beberapa hal yang patut diperhatikan agar tidak terkena penyakit ini adalah makan teratur untuk menghindari gangguan asam lambung, tidak mengonsumsi makanan yang terlalu dingin atau panas, serta hindari gorengan yang bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan lambung.

Selain itu berolah raga teratur dan mengendalikan stres juga dapat membantu tubuh menghindari timbulnya gejala panas dalam. (***)

sumber: tribunnews.com

Loading...
Loading...