Selasa | 19 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

GUBRAK… Video Detik-Detik Ambruknya Dinding Stadion Supriyadi Menimpa 3 Pekerja, Begini Kronologinya

 

Loading...

MEDIAKEPRI.CO.ID, Blitar – Dinding bangunan tribun penonton sisi selatan Stadion Supriyadi, Kota Blitar, ambruk, Kamis 30 november 2017 sekitar pukul 15.00 WIB.

Proyek tribun penonton sisi selatan senilai Rp 1,9 miliar itu baru dibangun tahun ini dan sampai sekarang belum selesai seratus persen.

Dalam video yang beredar di grup Facebook Nglegok-Blitar terlihat detik-detik ambruknya dinding stadion itu.

Tampak tak ada besi penyangga dinding hingga membuat bangunan ini sekali ambruk tak tersisa.

Loading...

Informasi yang dihimpun di lokasi menyebutkan dinding tribun penonton ambruk saat cuaca mendung dan terjadi angin kencang.
Saat itu, sejumlah pekerja sedang mengerjakan plesteran dinding di lantai dua tribun penonton sisi selatan. Tiba-tiba bangunan dinding di bagian tengah ambruk.

Bangunan dinding yang ambruk di bagian atas tribun. Tinggi dinding yang ambruk sekitar tiga meter dengan panjang sekitar 60 meter. Dinding terbuat dari batu bata tapi kondisinya belum plesteran semen.

“Tiba-tiba terdengar suara dentuman keras disertai getaran seperti lindu (gempa). Anak saya sampai kaget dan menangis,” kata Intan, pemilik toko pracangan di seberang tribun penonton sisi selatan.

Saat kejadian, Intan sedang menunggu toko miliknya. Sedangkan anaknya duduk di depan toko.

Menurut Intan, sebelum dinding tribun ambruk cuaca di lokasi mendung dan anginnya kencang. Awalnya, dinding tribun yang ambruk berada di bagian tengah. Tetapi kemudian dinding tribun yang ambruk merembet ke bagian lain.

“Awalnya hanya di bagian tengah lalu merembet ke sepanjang dinding,” ujarnya.

Seorang pekerja proyek, Ahmad Khodim mengatakan saat peristiwa terjadi ada 15 pekerja di lokasi.

Para pekerja sedang mengerjakan plesteran dinding tribun. Sebagian pekerja berada di lantai dua tribun, sebagian lagi berada di bawah. Ada tiga pekerja yang tertimpa reruntuhan bangunan.

“Saya juga tidak tahu, tiba-tiba bangunan ambruk. Saat itu anginnya memang kencang,” katanya.

Tiga pekerja yang tertimpa reruntuhan bangunan saat itu berada di bawah.

Mereka sedang duduk-duduk di depan bangunan ruko yang berada di bawah tribun penonton. Ketiga pekerja rata-rata mengalami luka di bagian kaki.

Dua pekerja langsung dibawa ke RSUD Mardi Waluyo karena mengalami patah tulang di bagian kaki. Sedangkan satu pekerja lagi hanya mengalami luka ringan di bagian kaki.

Pantauan di lokasi, bangunan dinding yang masih berdiri sekalian dirobohkan oleh pekerja. Hal itu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi robohan susulan dan membahayakan masyarakat. Sebab, posisi dinding tribun penonton persis berada di pinggir jalan raya.

Sekadar diketahui, pembangunan tribun penonton sisi selatan Stadion Supriyadi tahap pertama menelan anggaran Rp 1,8 miliar dari APBD 2017. Di bawah tribun penonton juga dibangun kios pedagang sebanyak 22 unit. Pada pembangunan tahap pertama itu belum termasuk plesteran dinding bangunan dan roling door serta lantai kios.

Panjang tribun penonton sisi selatan sekitar 780 meter. Ada 26 pilar penyangga di tribun penonton sisi selatan itu. Tiap pilar jaraknya tiga meter.

Model tribun penonton sisi selatan sedikit berbeda dengan tribun penonton yang sudah ada.

Tribun penonton yang sudah ada di Stadion Supriyadi hanya di sisi timur dan barat. Model tempat duduk di tribun sisi timur dan barat seperti tangga mulai bawah hingga atas.

Tetapi, untuk tribun sisi selatan ini nanti tempat duduk penonton hanya berada di atas. Jumlah tangga untuk tempat duduk penonton hanya lima tangga saja. Sedangkan tribun bagian bawah dimodel rata miring tanpa ada tangga.

Sedangkan di bagian bawah tribun penonton akan difungsikan sebagai rumah dan toko.

Bangunan dinding yang roboh berada di bagian atas tempat duduk. Bangunan dinding itu masih berupa batu bata belum diplester. Tetapi, kondisi bangunan dinding di bagian atas tribun tidak ada besi penguat seperti bangunan di bagian bawah. (***)

 

sumber: tribunnews.com

Loading...
Loading...