Minggu | 22 September 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Ini Dia Rahasia Ayam Bakar yang Bumbunya Bisa Meresap Sampai ke Tulang

Minggu | 03 Desember 2017 | 11:15

MEDIAKEPRI.CO.ID, – Ayam bakar tidak sulit dibuat lho. Tapi membuat ayam yang bakar ala restoran yang bumbunya meresap memang butuh trik tersendiri. Salah-salah, ayam bakar malah bisa hambar, kering dan akhirnya seret kala dimakan.

Ayam bakar yang enak didahului dengan cara memilih ayam yang benar, kemudian cara pembumbuan baru cara pengolahan. Nah berikut kami bagi rahasianya untuk anda.

Memilih Ayam

Ayam negeri dan ayam kampung semuanya bisa dibuat ayam bakar, tapi masing-masing harus diolah dengan teknik yang berbeda. Ayam kampung harus dipilih yang muda supaya ayam bisa matang dengan cepat terutama jika ayam dibakar tanpa diungkep terlebih dahulu. Untuk ayam Negeri, tetap pilih yang muda dan tidak terlalu gemuk. Idealnya, gunakan ayam yang satu ekor beratnya 600 -700 gram.

Agar Bumbu Meresap

Ayam harus diungkep dahulu dalam bumbu agar bumbunya bisa meresap sempurna sampai ke tulang.

Lakukan pengungkepan di atas api kecil untuk memberi kesempatan bumbu meresap ke dalam ayam.

Penting untuk diingat! Ayam harus masuk setelah air / kuah mendidih supaya tetap juicy.

Jangan menusuk-nusuk ayam selama perebusan supaya kaldu tidak keluar.

Air rebusan tidak boleh sekaligus banyak jumlahnya karena kadang ayam akan mengeluarkan air. Tambah saja bila sudah habis. Begitu seterusnya sampai air mengering.

Jika ayam tidak diungkep, kerat-kerat dulu agar ada jalan bumbu untuk masuk ke dalam daging. Atau memarkan hingga cukup pipih. Tapi cara seperti ini tidak akan membuat bumbu terlalu meresap seperti cara diungkep.

Agar empuk, kita bisa menambahkan baking powder atau sedikit parutan nanas pada bumbu rendaman ayam.

Jangan lupa, selama dibakar oles juga ayam bakar dengan kecap manis yang diberi sedikit tambahan bumbu ungkep atau rendaman supaya bumbu makin terasa.

Ayam yang sudah diungkep atau dibumbui siap langsung dibakar di atas bara api. Ingat, jika ayam dibakar di atas bara, jangan sampai api menjilat-jilat. Ayam yang terlalu lama bersentuhan dengan api akan membuatnya jadi kering dan tidak juicy. Selamat mencoba. (***)

sumber: tribunnews.com

Editor :