Minggu | 22 September 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Kenapa Gunung Pahiyangan Berbentuk Segi Delapan? ini Cerita Legendanya.

Rabu | 20 Desember 2017 | 15:29

MEDIAKEPRI.CO.ID, Martapura – Masih bingung mau kemana menghabiskan libur tahun baru?. Bagi kamu yang suka petualangan di alam bebas mungkin Bukit Pahiyangan bisa menjadi pilihan.

Dari bukit yang berada di Desa Rantau Balai Kecamatan Aranio itu kita bisa menyaksikan keindahan waduk Riam Kanan.

Menurut Koordinator Pariwisata Desa Rantau Balai, Ahmad Dauli menjelaskan, keunikan bukit yang mereka sebut Gunung Balai tersebut.

Gunung ini, persegi delapan sehingga dari sisi manapun akan terlihat bentuk bukit yang sama.

“Gunung Pahiyangan ini juga ada cerita legendanya kok bisa berbentuk segi delapan. Gunung ini, dulunya ceritanya adalah tempat pertapaan naga kepala delapan. Itu sebabnya sisinya delapan hampir sama bentuknya,”terang Dauli yang juga Ketua BPD Desa Rantau Balai.

Dijelaskan Dauli, saat ini untuk datang ke Desa Rantau Balai tidak hanya lewat jalan waduk saja. Tetapi, jalan darat pun sudah bisa dilalui berupa jalan perkerasan

Jalur darat, hingga ke Desa Rantau Balai jauhnya 31 km. Kurang dari satu jam, waktu tempuh jika lewat darat tetaou kalau lewat air sekitar 2,5 jam.

Setelah sampai di Desa, warga siap untuk menjadi pemandu menuju ke Bukit Pahiyangan.

“Kita juga sudah bersihkan jalurnya untuk warga yang hendak berwisata petualangan di Gunung Pahiyangan,”terang Dauli. (***)

sumber: tribunnews.com

Editor :