Senin | 26 Oktober 2020 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Pesan Jokowi “Tolong Dijaga Kebersihannya, Agar Pasar Rakyat ini Tidak Kalah dengan Pasar Modern

MEDIAKEPRI.CO.ID, Pontianak – Presiden Joko Widodo menyarankan pedagang Pasar Tengah Pontianak, untuk selalu membuat pembeli merasa nyaman dengan memberikan pelayanan maksimal. Selain itu, Jokowi juga meminta pedagang menjaga kebersihan dan keamanan pasar tempat mereka berdagang.

Jokowi mengatakan dengan adanya pasar yang baik, tentu bisa memacu denyut nadi ekonomi daerah. Karena pasar rakyat adalah bagian penting ekonomi di daerah.

Loading...

Namun, dirinya mengakui, sampai saat ini masih banyak pasar di daerah yang kondisinya memprihatinkan, meski sudah dibangun dengan baik oleh pemerintah.

“Umumnya, pasar tradisional cenderung punya bangunan yang jelek, kebersihan tidak terjaga dan banyak yang kurang pencahayaan. Hal ini yang mesti diperhatikan, agar image tersebut bisa dihilangkan,” kata Jokowi saat meresmikan lima pasar yang ada di Kaliamantan Barat, yang dipusatkan di Pasar Tengah Pontianak, Jumat, 29 Desember 2017.

Saat melakukan kunjungan langsung pada pasar Tengah Pontianak, Jokowi mengaku cukup senang karena kondisi pasar yang rapi dan bersih. “Tolong dijaga kebersihannya, agar pasar ini tidak kalah dengan pasar modern. Buat pembeli selalu nyaman dan jangan sampai di sini banyak copet,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalimantan Barat Muhammad Ridwan mengatakan Pasar Tengah Pontianak itu baru saja direnovasi dengan menggunakan anggaran dari Kementerian Perdagangan yang menelan biaya sebesar Rp54 miliar.

Loading...

“2015 lalu, pasar ini sempat terbakar dan kita mengupayakan agar ini bisa direnovasi kembali dengan meminta bantuan dari Kementerian Perdagangan. Pasar Tengah Pontianak ini dapat memuat 851 pedagang dan kita mengharapkan semua pedagang yang ada di sini bisa mengingat pesan yang disampaikan oleh Pak Presiden, agar bisa menjaga pasar ini dengan baik,” katanya.

Ridwan menambahkan, selain meresmikan Pasar Tengah Pontianak, Presiden Jokowi juga meresmikan lima pasar lain di Kalimantan Barat. Yaitu Pasar Jungkat, Pasar Pangkalan Mas yang mampu menampung 166 pedagang di Kabupaten Mempawah, Pasar Semi Modern di Kabupaten Singkawang yang memuat 104 kios, secara simbolis.

Selain itu ada juga Pasar Kapuas Raya di Kabupaten Sintang yang memuat 156 kios, Pasar Tebas di Kabupaten Mempawah yang menampung 194 pedagang.

Presiden Joko Widodo hadir dalam peresmian itu didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis dan sejumlah pejabat lainnya. (***)

sumber: metrotvnews.com

Loading...
Loading...