Selasa | 01 Desember 2020 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Sambutan Sri Mulyani ke CPNS “Kalian Masuk Kemenkeu Bukan Untuk Menguasai Indonesia” tapi untuk Jadi Pelayan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan kepada seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) agar tidak memiliki pemikiran sebagai penguasa jika sudah diterima di Kementerian Keuangan, melainkan sebagai pelayan masyarakat.

Hal itu diungkapkannya saat memberikan arahan di acara Orientasi Pegawai Baru CPNS Rekrutmen Umum Tahun Anggaran 2017 dan Rekrutmen Lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN yang berlangsung di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Rabu 20 Desember 2017.

Loading...

“Kalian masuk Kemenkeu bukan untuk menguasai Indonesia, kalian masuk dibentuk untuk menjadi pelayan masyarakat dan negara,” kata Sri Mulyani.

Dia menuturkan, jika sebelumnya terbiasa dilayani maka harus siap mengubahnya dengan menjadi sosok yang melayani, membaktikan seluruh pikiran, bahkan tenaga untuk melayani yang terbaik kepada negara dan masyarakat.

“Jadi anda memberi, berbakti, bukan saya berkuasa saya memiliki kewenangan, sikap itu kalian jaga saat awal masuk Kemenkeu, sampai bisa duduk di depan sini (sebagai pejabat), kalau bisa menjadi Menkeu saya minta sikap itu tidak hilang,” ujar dia.

Kementerian Keuangan telah menerima 6.670 CPNS yang akan ditempatkan di sembilan unit eselon I. Di mana, 3.779 di Ditjen Pajak, dan 1.826 di Ditjen Bea dan Cukai.

Loading...

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta kepada seluruh CPNS Kementerian Keuangan untuk tetap mengedepankan integritas dengan menjaga kejujuran, amanah tanpa bisa dikompromikan. Selanjutnya, kata dia, para CPNS juga harus menumbuhkan profesionalitas agar bisa bekerja secara kompeten.

Kepada para CPNS, Sri Mulyani juga meminta untuk tetap meningkatkan sinergi dengan para rekan kerjanya. Sinergi dibangun bukan karena satu almamater atau berdasarkan pertemanan semata. Pasalnya, 6.670 CPNS ini tidak hanya berasal dari PKN STAN karena ada juga yang berasal dari umum.

“Kalian duduk teman sebelahnya teman STAN, atau teman kuliah, yang umum enggak punya perasaan itu, dan ini menjadi bibit perpecahan karena maunya sama teman sekampus, teman satu kosan, itu adalah sikap yang salah, sinergi itu dari awal masuk adalah keluarga Kemenkeu, saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, dan saya menekankan ini karena Indonesia terlalu penting dipecah belah oleh pikiran yang kotak-kotak,” ungkap dia.

Wanita yang akrab disapa Ani ini juga meminta kepada seluruh CPNS Kementerian Keuangan untuk menjadi pegawai yang sempurna dalam menjaga keuangan negara.

“Saya itu kebetulan Jawa dan agama Islam, saya sangat suka surat al asri, demi waktu, demi masa, sesungguhnya manusia itu merugi, kecuali berbuat baik, jadi terus memperbaiki ibadah anda menuju kesempurnaan, jadi mendisiplinkan kita untuk terus berbuat lebih baik, kalian semua 6.670 berlomba menuju kebaikan, itulah darah baru Kemenkeu,” tukas dia. (***)

sumber: detik.com

Loading...
Loading...