mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

PERISTIWA

10 Tips Penting Diterapkan Dalam Mengatur Keuangan Bulanan Anda

| Sabtu | 20 Januari 2018 | 12:28 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID – Hai, para ibu. Bingung mengatur keuangan? Jangan khawatir, mengatur keuangan memang tidak mudah.

Banyak hal yang harus diurusi, mulai dari perawatan anak, aktivitas rumah tangga, dan lainnya.

Berikut 10 tips bagi para ibu untuk mengatur keuangan. Tak hanya untuk dilakukan sendiri tapi juga bisa jadi contoh baik untuk anak belajar mengatur uang, lho.

1. Atur budget

Mengatur budget adalah langkah awal untuk mengatur keuangan dengan baik. Saat membuat daftar budget, alokasikan uang untuk keperluan darurat dan keperluan utama terlebih dahulu.

Setelah itu, baru lah lihat jumlah yang tersisa. Sisihkan beberapa persen untuk ditabung.

2. Bertukar pakaian

Anak-anak tumbuh sangat cepat. Ini menjadi alasan agar kita tak selalu membeli kebutuhan mereka secara konstan. Bertukar pakaian bisa menjadi solusi.

Bisa dengan anggota keluarga bahkan teman, tukarlah pakaian yang masih bagus dan layak pakai untuk kita atau anak kita .

3. Beli paketan

Sejumlah produk atau bahan makanan seringkali harganya lebih murah jika dibeli secara paketan, bukan satuan.

Namun, cermat lah mana produk atau makanan yang bertahan lama. Jika tidak awet, maka produk tersebut bisa rusak atau busuk jika disimpan terlalu lama.

4. Cari barang diskon

Coba lah rajin berkeliling dan mencari barang-barang diskon. Bisa juga melirik cuci gudang yang dilakukan beberapa orang terhadap barang yang sudah tak mereka pakai.

Ini bisa menjadi solusi untuk berhemat, sehingga kita tak perlu membuang uang membeli barang mahal untuk anak jika memang hanya terpakai selama beberapa bulan saja. Asal cermat, membeli barang bekas juga tak masalah, kok!

5. Bikin kopi sendiri

Bagi peminum kopi, coba lah mengurangi pengeluaran dari membeli kopi di kafe dan membuatnya sendiri. Mungkin hal ini agak sulit, tapi bisa menghemat banyak pengeluaran, lho.

6. Siapkan bekal makan siang

Menyiapkan makan siang kadang menjadi hal yang membosankan, tapi membiasakan diri membuat makan siang akan membawa dampak positif.

Tidak hanya lebih sehat, tapi juga bisa menekan pengeluaran mingguan dengan tidak makan di luar.

7. Buang hal-hal tak perlu

Buanglah hal-hal yang dianggap tak perlu. Misalnya berlangganan televisi kabel. Apakah hal itu sangat penting? Bagaimana jika menggantinya dengan radio satelit di mobil?

Hal lainnya, misalnya mengurangi waktu manicure-pedicure rutin. Pilih lah hal-hal yang benar-benar diperlukan. Buang saja hal-hal yang tidak diperlukan dari daftar.

8. Atur besaran tabungan

Meskipun jumlahnya kecil, tetaplah menyisihkan uang untuk ditabung. Jika malas mengingatkan diri sendiri untuk menabung pada waktu-waktu tertentu, kamu bisa mengatur persentase tabungannya dan menggunakan investasi perbankan, seperti tabungan berjangka dan lainnya.

9. Hindari beli barang tak perlu

Kadang merek-merek produk membuat kita tergoda untuk membelinya. Namun, coba lah hindari membeli pernak pernik yang tidak perlu. Saat berbelanja, pilih lah barang-barang yang benar-benar diperlukan.

10. Atur email masuk

Terkadang kita menerima banyak email masuk berupa promosi produk dan hal-hal lainnya yang menggoda kita untuk berbelanja.

Stop berlangganan promosi tersebut, atau setidaknya hapus dari kotak masuk email. Jangan buat diri kita tergoda menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

Nah, sekarang sudah tahu cara mengatur keuangan? Saatnya kita terapkan! (***)

sumber: tribunnews.com