Sabtu | 16 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

Isi Hari Lingkungan Hidup, Puluhan Siswa SD Juara Batam Diperkenalkan Fungsi dan Manfaat Alam untuk Kehidupan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Sebanyak 25 siswa siswi dari Sekolah Dasar (SD) Juara Batam yang merupakan sekolah binaan Rumah Zakat diperkenalkan mengenai fungsi dan manfaat alam dalam kehidupan di Wisata Alam Mata Kucing di Jalan Taman Bukit Golf, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 25 Januari 2018.

Kegiatan ini terlaksana untuk mengisi Hari Lingkungan Hidup dengan mengangkat tema “Bersama Menjaga Alam, Demi Masa Depan Indonesia”. Pelaksanaan ini dilakukan untuk memberikan pembelajaran yang berkesan dan bermakna.

Loading...

Isi hari lingkungan hidup, puluhan siswa SD juara Batam diperkenalkan fungsi dan manfaat alam untuk kehidupan (istimewa)

Outing Class yang dikombinasikan dengan pembelajaran Tematik sesuai dengan Kurikulum 2013, yang mengangkat tema “Pengalamanku” dan juga tema “benda, hewan dan tanaman disekitarku” menjadi tema pengamatan yang menyenangkan dan penuh dengan pembelajaran. Anak-anak terlihat antusias mencatat dan saling bekerjasama masing-masing kelompoknya, melihat beberapa binatang, habitat dan tempat tinggalnya, serta makanan binatang-binatang yang menjadi koleksi Hutan Wisata mata Kucing ini.

Wali Kelas 1 SD Juara Batam, meramu pembelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarga Negaraan, Matematika, dan juga PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) dalam satu aktivitas yang menyenangkan. Para siswa diajak belajar melalui game-game seruh, tugas kelompok pengamatan Fauna dan juga sekaligus mengajarkan tentang menjaga dan melestarikan alam, dengan tidak merusak dan memanfaatkannya dengan benar.

Isi hari lingkungan hidup, puluhan siswa SD juara Batam diperkenalkan fungsi dan manfaat alam untuk kehidupan (istimewa)

“Outing Class ini menjadi bagian pembelajaran yang sangat memudahkan kami sebagai Wali Kelas. Mereka belajar langsung di alam, menghitung & mengamati setiap detak kehidupan Fauna, dan tumbuhan disekitarnya. Sehingga pengalaman-pengalaman ini akan terpatri menjadi pengetahuan yang sangat berharga bagi siswa siswi Sekolah Juara” tutur Lidya Antika Sari, S.Pd, selaku Wali Kelas 1 SD Juara Batam.

Pepohonan yang rindang, dengan batang yang menjulang tinggi, dibalut dengan suara monyet yang bersautan, dan beberapa burung yang saling bernyanyi, menjadi diorama keharmonisan alam pemantik semangat siswa siswi. Dalam kondisi ini bagi mereka yang sedang belajar dapat mereguk ilmu-ilmu kehidupan, melewati jalanan yang saling bersambung, menyebrangi jembatan gantung yang mendebarkan sekaligus menikmati pemandangan ikan Arwana dan kawanan ikan lainnya yang sesekali menampakan diri, yang disambut riyuh siswa siswi yang saling menunjukan dengan rasa takjubnya.

Loading...

Isi hari lingkungan hidup, puluhan siswa SD juara Batam diperkenalkan fungsi dan manfaat alam untuk kehidupan (istimewa)

Usai melakukan pengamatan, menyusuri kawasan Hutan Wisata Mata Kucing dan makan siang bersama, anak-anak Yatim Dhuafa yang bersekolah Gratis ini, melanjutkan aktivitas penutup dengan program Swimming Class. Siswa siswi mengenali fungsi air dalam kehidupan dan belajar berenang yang dipandu oleh Ikhsan Ramadhan S.Kom.

“Enak yah sekolah di SD Juara ada belajar diluar kelas, kegiatan berenangya, dan jadinya jalan-jalan saya, kapan-kapan kesini lagi lah pak, belajar berenang lagi disini” celoteh Muhammad Fajri siswa kelas 1 SD Juara Batam ini ketika diminta mengungkapkan pengalaman perjalanan hari ini.

Shofar Fitrotul Al Amin S.Pd.I selaku Kepala Sekolah SD Juara Batam juga menambahkan program Outing Class yang diagendakan ini adalah rangkaian pembelajaran di kelas yang dikaitkan dengan aktivitas luar ruangan, dengan harapan proses pembelajaran akan lebih kaya makna dan tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan mengesankan bagi seluruh siswa, sebagai salah satu ikhtiar kami ciptakan generasi unggul dan berkarakter.

Setelah puas keliling belajar di Kawasan Hutan Wisata Mata Kucing, dan berkemas-kemas, yang di lanjutkan dengan pengumuman pemenang pengamatan, seluruh rombongan Sekolah Juara Batam meluncur ke Sekolah, mentadaburi kembali ciptaan-Nya, mengais Ilmu dan menimbah hikmah disetiap proses pembelajaran berikutnya. (rilis)

Loading...
Loading...