Rabu | 02 Desember 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Kronologis Polisi-BC Ungkap Penyelundupan Sabu 66 Kilogram Asal Singapura Dikemas Bungkus Diterjen

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kepri dan Bea Cukai Tipe B Batam menggagalkan jaringan penyelundup narkotika jenis sabu di Bandara Hang Nadim Batam. Tindakan tim gabungan ini mampu menjegal sabu seberat 66,043 kg asal Singapura.

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi mengatakan, sabu tersebut terdeteksi saat pemeriksaan x-ray oleh petugas BC di kargo Bandara Hang Nadim, 16 Januari 2018.

Loading...

Dari pemeriksaan itu ditemukan barang bukti narkotika diduga sabu sebanyak dua koli barang ekspedisi milik PT IDL Batam, yang belum diketahui siapa pemiliknya. Alamat tujuan barang tersebut yakni PT DC yang beralamatkan di Jalan Pancoran 2 no 3, Jakarta Selatan.

“Kita lakukan pengejaran. Lalu anggota Ditresnarkoba Polda Kepri dan Petugas BC berangkat ke Jakarta untuk penyelidikan lebih jauh,” ujar Didid, Senin, 29 Januari 2018.

Disebutkannya ada dua orang yang berusaha mengambil barang haram ini. Lalu, kedua tersangka berinisial Bw (27) dan Za (28) ditangkap. Dan pengakuan kedua tersangka mereka menjalani perintah pelaku yang dutetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO) berinisial B.

“Dari keterangan BW dan Z, mereka mengambil 66,043 kg sabu itu atas perintah dan arahan tersangka inisial B, yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO),” ucap Didid.

Loading...

Didid menjelaskan, selain jalur Batam-Jakarta, dari hasil pengembangan, pelaku kerap menggunakan jalur Medan-Jakarta, Jakarta-Surabaya, Palembang-Surabaya, Pekanbaru-Surabaya, Pontianak-Surabaya, Batam-Tangerang, serta Jakarta-Banjarmasin.

“Selain dikemas di bungkusan deterjen, pengiriman juga kerap dilakukan dengan dikemas di dalam mesin cuci dan dikirimkan via kargo,” imbuh Didid.

Saat ini kedua tersangka dan sejumlah barang bukti sudah berada di Polda Kepri. Kedua tersangka, dijerat pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) junto pasal 132 ayat (1) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana mati atau seumur hidup.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Tipe B Batam, Susila Brata mengatakan, kecurigaan bermula saat dilakukan x-ray. Citra atau gambarnya saat diperiksa terlihat mencurigakan, termasuk dengan analisis pemberitahuan pabeanannya meragukan.

“Dari sanalah dilakukan pemeriksaan dan diketahuilah dari bukti fisik barang mengarah ke arah narkoba,” tutur Susila Brata.

Namun, hal ini tidak bisa dipastikan melalui kasat mata. Hingga pihaknya berkoordinasi dengan Polda Kepri dan petugas BC di Cangkareng, hingga pelaku bisa dibekuk di PT DC saat akan mengambil barang haram tersebut.

Polisi menangkap seorang pemasok sabu kepada artis yang berstatus tersangka penyalahgunaan narkotika Jennifer Dunn. (bayu wasono/int)

Loading...
Loading...