Kamis | 21 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Mertua Disiram Kopi, Menantu Masuk Bui

MEDIAKEPRI.CO.ID, Medan – Elyana terancam hukuman 32 bulan penjara karena menyiram kopi ke mertuanya, Carissa. Konflik keluarga di Medan yang terus terulang ini harusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

“Ya seharusnya konflik keluarga dapat diselesaikan secara kekeluargaan,” kata salah seorang psikolog di Medan, Irna Minauli saat dikonfirmasi, Rabu 3 Januari 2018.

Loading...

Menurut Irna, salah satu penyesuaian yang harus dilakukan dalam perkawinan adalah penyesuaian terhadap mertua dan ipar. Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, maka akan menimbulkan masalah dalam perkawinan.

“Konflik antara mertua dan menantu umumnya dipicu oleh kecemburuan karena masing-masing merasa tersaingi dengan kehadiran pihak lain,” ujarnya.

Direktur Minauli Consulting Medan ini mejelaskan, banyak mertua dan menantu yang kemudian tidak menyadari ketika mereka masuk dalam keluarga besar, maka mereka harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

“Dalam kehidupan perkawinan di Indonesia masih menganut keluarga besar, di mana peranan dari keluarga besar menjadi sangat besar,” imbuhnya.

Loading...

Hal ini, kata dia tentu sangat rawan untuk menimbulkan konflik. Intervensi dari pihak luar, menjadi sangat besar karena mereka merasa berhak atas kehidupan anak dan menantunya, bahkan terhadap cucu-cucunya.

Irna menjelaskan, kondisi ini seringkali dianggap kurang sesuai oleh banyak pasangan zaman sekarang sehingga mereka tidak menerima adanya campur tangan dari pihak keluarga besar.

Ia menerangkan, perbedaan cara pandang dan perbedaan generasi dalam memandang hubungan antara mertua dan menantu membuat kedua belah pihak harus senantiasa melakukan penyesuaian diri.

“Oleh karenanya, ketika memasuki perkawinan maka kedua belah pihak perlu belajar untuk menyesuaikan diri,” kata alumni Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, Bandung itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, puncak konflik Elyana dan Carissa mulai muncul 2003 dan terus terulang.

Puncaknya adalah saat konflik tersebut dimediasi secara kekeluargaan di rumah kerabat mereka di Kompleks Krakatau Resident pada 17 Juni 2017. Rapat keluarga ini berakhir rumit yaitu Elyana menyiramkan kopi panas yang ada di meja ruang tamu ke arah Carissa. Elyana kemudian dipidanakan. (***)

sumber: detiknews.com

Loading...
Loading...