Senin | 30 November 2020 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Rutin Mengkonsumsi Minyak Zaitun di Pagi Hari, Ternyata Ampuh Cegah Berbagai Penyakit Loh..

MEDIAKEPRI.CO.ID – Jika sebelumnya minyak zaitun dikenal sebagai pelengkap hidangan ala Italia seperti pasta, pizza, juga sebagai dressing salad, maka ketahui juga bahwa untuk kesehatan ia pun bermanfaat besar.

Manfaat dari minyak yang diambil dari perasan buah zaitun tersebut bahkan dikenal membuat penduduk di negara-negara yang akrab mengonsumsinya jauh dari sejumlah penyakit.

Loading...

Disarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun di pagi hari 1-2 sendok makan saja, dengan ditambahkan ke dalam segelas air hangat.

Apa manfaat sehat dari kebiasaan tersebut? dilansir laman Boldsky, ini 5 diantara sekian banyak manfaat sehatnya:

Cegah penyakit jantung

Minyak zaitun berbeda dari minyak goreng yang berasal dari sawit. Kandungan asam lemak dalam minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh yang malah baik bagi kesehatan jantung. Ia membuat pembuluh darah arteri lebih flesibel, lebar dan tidak kaku. Hasilnya aliran darah jadi lebih lancar dan jantung sehat.

Loading...

Turunkan berat badan

Minyak zaitun juga diyakini baik bagi diet dan membantu menurunkan berat badan. Lemak sehatnya membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

Turunkan kolesterol jahat

Konsumsi minyak zaitun rutin juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan minyak ini juga membantu meluruhkan akumulasi plak di arteri.

Kurangi nyeri sendi

Nyeri sendi kerap dikeluhkan oleh lansia. Pemicunya bisa karena obesitas, radang sendi, osteoporosis, dan penuaan. Minyak zaitun membantu melumasi bagian sendi-sendi tubuh manusia dan menjadikannya lentur. Ia juga mengurangi inflamasi atau peradangan.

Cegah stroke

Tingginya kadar kolesterol dapat memicu stroke. Manfaat dari minyak zaitun yang menurunkan kolesterol salah satu efeknya adalah menurunkan risiko stroke.

Sembelit pergi

Manfaat lain untuk pencernaan adalah berkurangnya resiko sembelit atau sulit buang air besar. Proses pencernaan dan pembuangan yang lancar tentu membuat tubuh jadi lebih sehat. Semoga bermanfaat. (***)

sumber: sidomi.com

Loading...
Loading...