Kamis | 24 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

YUK, Berwisata Sejarah ke Makam Pahlawan Bung Karno, Selain Keindahan, Pengalaman dan Pengetahuan Akan Kita Dapatkan

Senin | 29 Januari 2018 | 14:24

MEDIAKEPRI.CO.ID – Bila berakhir pekan di Blitar, jangan lewatkan destinasi sejarah ini. Ayo berkunjung ke makam pahlawan Bung Karno, Si Singa Podium.

Melintasi Kota Blitar sayang dilewatkan begitu saja. Kota yang kaya akan wisata sejarah ini mencuri perhatian kami untuk berwisata di makam Bung Karno. Letaknya yang berada di tengah kota Blitar sehingga memudahkan pengunjung untuk menuju ke sana.

Memasuki gerbang makam nampak kemegahan bangunan bergaya arsitektur khas Jawa berbentuk joglo. Sebelum memasuki makam kita diminta untuk mengisi buku tamu dan membeli tiket seharga Rp 2.000. Murah bukan? Dibandingkan dengan pengalaman dan pengetahuan yang kita dapatkan.

Wisata makam Bung Karno dibagi tiga area, yaitu museum dan perpustakaan, area kolam dan pilar, dan makam Bung Karno. Di dalam museum kita dapat melihat koleksi lukisan Sang Proklamator. Puas berkeliling museum kita akan melewati area pilar dan kolam dengan sentuhan gemercik air mancur. Pada dinding dekat kolam terdapat relief sejarah Bung Karno yang dipahat pada dinding.

Selanjutnya terdapat tangga lebar untuk menuju makam. Area makam ditandai dengan gapura besar yang digunakan untuk pintu masuk. Ada pelataran yang luas dan masjid sebelum menuju cungkup. Di sanalah terdapat nisan dengan cungkup besar berbentuk joglo jasad Bung Karno disemayamkan. Tempat inilah yang biasa dijadikan wisata ziarah oleh para pengunjung.

Usai berkeliling makam Bung Karno terdapat petunjuk keluar. Di sana kita akan menemukan deretan penjual souvenir. Souvenir yang dijual bervariasi, seperti gantungan kunci, tas, kaos, asbak, boneka, dan lain-lain bergambar Bung Karno. (***)

sumber: detik.com

Editor :