PANORAMA

Pesona Bersejarah dan Ragam Cerita di Lawang Sewu

Jumat | 23 Februari 2018 | 16:53

MEDIAKEPRI.CO.ID – Weekend di Semarang jangan lewatkan destinasi ini. Lawang Sewu namanya, gedung bersejarah sejak zaman Belanda yang punya beragam cerita.

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang terletak di bundaran Tugu Muda. Dulunya, Lawang sewu digunakan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

Kota Semarang tidak bisa dilepaskan dari bangunan bernama Lawang Sewu. Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang terletak di bundaran Tugu Muda. Dulunya, Lawang sewu digunakan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Semarang, biasanya tidak akan melewatkan bangunan ini. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak meskipun jumlahnya tidak sampai seribu. Selain itu, bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar sehingga masyarakat menganggapnya seperti pintu (lawang).

Bangunan dua lantai ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Sudah cukup tua ya.

Kini, Lawang Sewu telah dikonservasi dan direvitalisasi oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero.

Lawang Sewu dulu juga menjadi saksi sejarah saat para pahlawan bertempur mengusir tentara Jepang yang berkuasa. Karena itu, di Lawang Sewu, bisa ditemukan ruang penjara berdiri dan jongkok.

Ruang Penjara Berdiri dulunya merupakan tempat menampung para tahanan yang di masukkan dalam kondisi berdesak-desakkan dan tragis. Sedangkan penjara jongkok merupakan ruang tahanan yang sangat sempit, dengan tinggi hanya 1,5 m.

Di bagian tengah Lawang Sewu terdapat sebuah lapangan yang cukup besar dengan pepohonan di sisi dan tengahnya. Saat saya berkunjung kesana, di dalam taman di bagian tengah Lawang Sewu, terdapat beberapa orang seniman yang memamerkan kebolehannya bermusik sehingga pengunjung pun terhibur dengan musik yang diperdengarkan.

Pengunjung Lawang Sewu tidak hanya di siang hari, namun malam hari juga banyak peminatnya. Karena itu, Lawang Sewu dibuka setiap hari dari pukul 07.00 pagi hingga 21.00 malam. Jadi, kita punya banyak pilihan waktu jika berkunjung ke tempat ini. Harga tiketnya pun murah, Rp 10.000 rupiah untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Jadi tunggu apa lagi, ayo kita berwisata sejarah ke Lawang Sewu. (***)

sumber: detik.com

Editor :