TIPS SEHAT

Sedotan dan Kumur-kumur Atau Kebiasaan Minum yang Dapat Merusak Gigi

Minggu | 25 Februari 2018 | 11:20

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Gigi adalah salah satu garda terdepan dalam menjaga penampilan Anda di depan orang lain. Tetapi jadinya jika gigi Anda justru dirusak oleh kebiasaan makan atau minuman kesukaan?

Minuman bersoda atau berpemanis buatan bisa menyebabkan pengikisan gigi yang buruk karena sifatnya yang asam. Namun ada pula kebiasaan minum yang rawan atau merugikan gigi.

Berikut deretan kebiasaan minum yang lama-lama bisa merusak gigi seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber

1. Diminum panas

Kebiasaan minum teh panas-panas diklaim dapat mengakibatkan kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada perokok dan peminum alkohol, risiko kanker mereka dikatakan semakin buruk jika minum teh dengan suhu tinggi.

Teh seperti ini diduga dapat menambah kerusakan sel-sel dinding esofagus atau kerongkongan perokok dan peminum alkohol. Ketika sel mengalami kerusakan itulah, maka kemungkinan untuk tumbuhnya tumor atau kanker menjadi semakin tinggi.

2. Terlalu dingin

Sebaliknya, mengonsumsi minuman dengan suhu yang terlalu rendah juga tak baik bagi kesehatan gigi. Dr Stephen Pitt dari Dental Studio, Colchester, Essex, mengungkapkan, salah satu akibatnya adalah membuat gigi retak, meski retakannya tak terlihat di mata, namun dapat menyebabkan penyakit serius jika sudah mengenai lapisan dentin atau keretakannya sudah sangat dalam.

Hal ini bisa mengenai bagian saraf gigi dan menyebabkan infeksi maupun abses. Pemilik gigi sensitif juga pasti tahu!

3. Minum dengan sedotan

Selain bahan baku sedotan yang dianggap berbahaya, sering minum dengan sedotan dapat membuat gigi cenderung berlubang. Hal ini dikarenakan ketika minum melalui sedotan, minuman yang mengandung gula atau soda hanya mengenai satu daerah tertentu, dan jika ini terpapar minuman sejenis secara terus-menerus maka bagian itulah yang akan berongga atau bahkan membusuk.

4. Ditahan dalam mulut

Penelitian yang dilakukan Dr Saoirse O’Toole dari King’s College London menemukan, kebiasaan minum tertentu dapat mengakibatkan pengikisan lalu kerusakan pada gigi. Kebiasaan yang dimaksud adalah menahan di dalam mulut sebelum ditelan atau dikumur.

“Bisa juga jika Anda meminumnya lebih dari lima menit. Ini bisa benar-benar merusak gigi Anda,” tegasnya.

5. Air putih yang terbaik

Minuman berwarna gelap seperti soda atau kola adalah minuman yang paling membahayakan untuk gigi karena pH mereka sangat rendah alias asam, sehingga dapat memicu kerusakan dan erosi pada gigi. Untuk itu, minuman terbaik bagi kesehatan adalah air putih.

Nutrisionis Leona Victoria Djajadi pernah menyebutkan bahwa minuman terbaik adalah air putih. Apalagi bagi yang sudah lanjut usia sebaiknya mengurangi kandungan gula buatan karena bisa menaikkan trigliserit dan merusak ginjal.

“Minum air putih dingin tidak masalah, yang harus dikurangi adalah kandungan gula buatan yang diasup,” kata Victoria kepada detikHealth beberapa waktu lalu. (***)

sumber: detik.com

Editor :