TIPS SEHAT

Tips Agar Sayuran yang Anda Simpan di Kulkas Segar dan Tahan Lama

Senin | 26 Februari 2018 | 12:19

MEDIAKEPRI.CO.ID – Kebiasaan para ibu jika sudah lelah berbelanja, sayuran langsung dimasukkan ke dalam kulkas tanpa dikeluarkan lagi dari kantong plastik atau kresek. Hal ini sebenarnya tidak masalah jika sayur segera di masak setelah itu atau sehari setelahnya karena karakter sayur adalah mudah sekali membusuk.

Menyimpan sayuran dalam kantong kresek lalu meletakkan di dalam kulkas bisa menyebabkan pembusukan cepat terjadi. Ini pasti tidak Anda inginkan bukan? Karena sebenarnya niat awal meletakkan belanjaan sayur di kulkas tentu agar lebih awet lagi.

Menyimpan sayuran di dalam kresek membuatnya tidak bisa ‘bernapas’. Gas yang dikeluarkan oleh sayuran, jika tidak bisa keluar dan berputar saja dalam area kantong, malah mempercepat proses pembusukan. Gas itu bisa berubah menjadi cairan (karena suhu dingin) yang melembabkan kantong kresek.

Jadi disarankan apabila Anda ingin sayur lebih awet dalam kulkas, maka keluarkan dari kresek atau kantong plastiknya kemudian bungkus dengan kertas saja. Bisa memakai kertas koran atau kertas bekas HVS, dan letakkan di wadah sayur pada kulkas Anda.

Dengan demikian maka gas yang di keluarkan oleh sayuran tidak memenuhi kresek dan tak mempercepat pembusukan. Jadi sayuran Anda akan tahan lama dalam penyimpanan, mencapai beberapa hari dan tidak busuk. (***)

sumber: sidomi.com

Editor :