pemkab lingga

LINGGA

Agar Tepat Sasaran, Disdik Sosilisasikan Pembelanjaan Dana BOS

Selasa | 27 Februari 2018 | 14:20

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga gelar sosialisasi dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SD/SMP Se-Kabupaten Lingga tahun 2018 di Gedung Balai Lela Sangguna, Kecamatan Lingga. Hal ini dilakukan guna efektifitas penggunaan dana BOS agar tepat sasaran kepada pihak sekolah.

Supardi, Kasi Pesrta Didik dan Pembangunan Dikdas Pemkab Lingga mengatakan Sebelum pengalokasian dana BOS diberikan untuk triwulan pertama, tentu tanggung jawab Dinas memberikan pehaman kepada pihak sekolah agar tidak salah dalam membelanjakan serta tepat sasaran dalam penggunaan anggaran.

“Sebelumnya dinas banyak mendapat laporan, karna ada sekolah yang melakukan penggunaan BOS tidak sesuai dengan prosedur satu diantaranya, siswa dibebankan untuk memfoto copykan buku pelajaran sendiri, itu tidak boleh,” katanya kepada mediakepri.co.id, Selasa, 27 Februari 2018.

Lebih jauh katanya, kalau ada guru sekolah yang meminta siswa memfotocopykan buku sendiri, segera laporkan ke dinas. Dari laporan itu, katanya, maka Disdik akan tindak tegas, tentu ada sanksi. Apalagi sekolah yang membelanjakan tidak sesuai dengan rencana kerja anggaran sekolah (RKAS), tambahnya, maka dinas akan memblokir rekening sekolah untuk sementara sebelum itu diperbaiki.

“Paling penting itu kebutuhan buku harus dipenuhi. Sekolah harus menyiapkan satu buku pelajaran untuk satu setiap siswa. Di dalam dana BOS ada 11 item yang diboleh dibelanjakan, salah satunya belanja buku,” paparnya

Selain itu, dikatakan Supardi, sosilisasi sudah dilaksanakan di enam Kecamatan. Dinas Pendidikan, tambahnya, menargetkan harus rampung dalam minggu ini. Hal ini mengingat triwulan pertama, katanya, tidak lama lagi segera di realisasikan.

Dengan agenda sosilisasi ini, segala kelemahan dari yang dulu menjadi lebih baik kedepan, juga sebagai menajemen BOS. “Dinas mengigngatkan agar penggunaan sesuai dengan juknis, tepat sasaran, penyampaian SPJ tepat waktu,” katanya mengharapkannya. (meteo)

Editor :