Rabu | 16 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Marak Beredarnya Rokok Palsu, Begini Cara Membedakan Mana Rokok Palsu dan Rokok Asli

Senin | 12 Februari 2018 | 17:34

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Polres Jakarta Selatan membongkar kasus rokok palsu yang diedarkan di Setiabudi. Rokok palsu yang dijual di Setiabudi memiliki kemiripan dengan rokok asli, lantas bagaimana membedakannya?

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto, mengatakan, rokok palsu dijual dengan harga yang lebih murah. Rokok palsu yang diedarkan di Pasar Mencos Setiabudi juga mempunyai perbedaan rasa.

“Kasus ini diketahui awalnya salah seorang penjual toko korban ketika dia menjual rokok ternyata konsumen mengembalikan karena rokok yang dijualnya terasa pahit,” kata Kombes Mardiaz di Polsek Setiabudi, Jalam Setiabudi, Jaksel, Senin 12 Februari 2018.

Selain rasa, perbedaan rokok palsu juga terletak pada bungkus. Di bagian cukai rokok terlihat lebih pudar di bagian aslinya.

kertas lebih pudar warnanya (Istimewa)

Tak hanya itu, lintingan rokok juga terlihat kurang padat. Warna rokok pun tampak berbeda. Rokok palsu ini tetap berbahan dari tembakau. Namun kualitas tembakaunya adalah kualitas rendah sehingga rasa rokok berbeda dengan yang asli.

“Ini perbedaan juga terlihat dari bungkus rokok. Sekilas terlihat sama namun beda,” ujar Mardiaz.

Sementara itu, polisi saat ini masih memburu satu orang tersangka lain yang terlibat dalam peredaran rokok palsu. Orang tersebut memberikan baju palsu merek salah satu perusahaan. Baju itu yang digunakan pengedar untuk mengelabui pedagang.

“Satu pelaku DPO bekerja sama dengan mereka yang memberikan baju asli ini,” tutur Mardiaz.

Dalam kasus ini, polisi menangkap empat orang tersangka. THG alias Gino berperan sebagai pembuat rokok palsu, BS sebagai penyuplai barang, dan BS serta MZ mengedarkannya ke toko-toko.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 386 KUHP dan pasal 62 ayat 1 UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. (***)

sumber: detik.com

Editor :