Senin | 18 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

“Sini Tak Ajak Naik Motor, Tak Belikan Mainan” Tapi Hampir 3 Pekan Vina Tak Kunjung Pulang Dibawa Lari Kenalan Ibunya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sleman – Sudah hampir tiga pekan posisi Refina Nadya Yuana (5) belum diketahui keberadaannya. Fina, sapaan akrab keluarga terhadap bocah cilik yang masih menginjak bangku PAUD itu, dibawa lari oleh Suyono (40), pria yang tak lain merupakan kenalan ibunda Fina.

“Hingga sekarang tak tahu dimana Fina,” kata ibu Fina, Mei Suprapti (35), saat ditemui di rumahnya di Padukuhan Guyangan, RT 10 RW 03, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman, Rabu 21 Februari 2018.

Loading...

Fina dibawa lari oleh Suyono, pada Jumat 2 Februari 2018 siang. Suprapti menceritakan, saat itu sekitar pukul 11.30 WIB, dia mengajak Fina mengendarai motor untuk menjemput kakaknya, Arifin Putra, di sekolahnya di SD Bangirejo, Tegalrejo, Kota Yogya. Tiba-tiba, Suyono datang dan mengajak Fina berkeliling naik motor.

“Saya tak menaruh curiga, sudah kenal Suyono sejak 2012, dia juga kenal dengan suami saya. Fina juga sudah cukup akrab dengan Suyono, dia (Suyono) bilang ‘tak ajake numpak motor, tak tukokne dolanan’ (sini tak ajak naik motor, tak belikan mainan, naik berdua pakai motor Suyono,” kisahnya.

Namun siang itu merupakan terakhir kali Suprapti melihat Fina. Setelah hari itu hingga kini, Fina tak kunjung diantar pulang oleh Suyono. Saat dihubungi, ponsel Suyono tidak aktif lagi.

Kondisi terakhir Fina memakai baju dres warna kuning gambar hello kity, sandal warna merah muda bergambar hello kity, dengan ciri-ciri fisik gigi depan gigis, rambut panjang sebahu yang bawahya agak ikal, dan tinggi badan sekitar 100 cm.

Loading...

Akhirnya pada Senin 5 Februari 2018, Suprapti dan suaminya, Wandi (38), memutuskan melapor ke Polsek Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

“Hari Senin itu, polisi sudah mencoba melacak ponsel Suyono, sempat dibilang posisi di Kendal (Jawa Tengah). Setelah itu belum ada informasi terbaru lagi, ponselnya mati,” terang Suprapti.

Perempuan yang sehari-hari bekerja jualan rujak es krim itu tak memiliki firasat apapun sebelum kejadian itu. Namun, Suprapti mengaku Suyono memang sempat mengutarakan keinginan untuk mengajaknya menikah.

“Dia pernah main ke rumah, juga lewat pesan singkat, bilang ingin nikahi saya. Tapi saya tidak mau, saya kan punya suami yang sah, tapi dia terus memaksa dan akhirnya Fina dibawa lari,” jelasnya.

“Sempat ada ancaman, saya dimintanya bercerai dengan suami saya, saya tidak mau, mungkin karena itu motif dia membawa lari Fina,” imbuh Suprapti.

Diakuinya, selama ini kondisi keluarganya harmonis. Tak ada permasalahan sama sekali.

“Tapi Suyono ini selama saya mengenalnya, dia memang cukup keras orangnya, dia kerja tukang parkir di wilayah Malioboro,” ungkap Suprapti.

Ayah Fina, Wandi mengaku selama hampir tiga pekan ini, dia juga sudah berupaya mencari informasi keberadaan putrinya itu ke rumah saudara dan teman-teman Suyono. Namun tak membuahkan hasil.

“Siapa tahu keluarga atau temannya mengetahui keberadaan Suyono, dan anak saya, tapi tidak ada informasi,” kata Wandi.

Dia juga telah mengunggah informasi terkait peristiwa yang dialami putrinya itu ke media sosial dengan harapan jika ada masyarakat yang mengetahui bisa menginformasikan kepada dia atau istrinya.

“Fina besok Maret ulang tahun ke-5, tahun ini juga mau masuk TK, saya berharap dan berdoa anak saya segera ketemu,” imbuhnya. (***)

sumber: detik.com

Loading...
Loading...