Rabu | 18 September 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Berbagai Persiapan dan Evaluasi Dilakukan Agar Persib Bisa Tampil Garang di Liga 1 2018

Selasa | 13 Maret 2018 | 16:09

MEDIAKEPRI.CO.ID – Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan menyebut, setiap tim masih harus saling mengintip kekuatan di Liga 1 2018 nanti. Pasalnya, gelaran Piala Presiden 2018 beberapa waktu lalu, tak cukup menggambarkan kekuatan tim peserta.

Dalam pandangan kiper Persib Bandung bernomor punggung 78 ini, sebuah tim bisa saja menampilkan performa yang jauh berbeda di Liga 1 2018 nanti ketimbang di Piala Presiden 2018. Pasalnya, komposisi pemain yang digunakan juga berbeda. Dengan demikian, bukan tak mungkin banyak tim yang memberikan kejutan di Liga 1 2018 nanti meski mereka gagal di Piala Presiden.

“Waktu itu kan masih awal, masih meraba-raba semuanya juga. Dan waktu itu masih banyak juga pemain yang seleksi di tim-tim lawan, jadi (Piala Presiden 2018) itu tidak bisa jadi acuan untuk kompetisi (Liga 1 2018),” tutur I Made Wirawan di Lapangan Progresif, Kota Bandung, belum lama ini.

Hal serupa, kata Made, terjadi pada Persib. Tim Pangeran Biru memang mendapatkan hasil negatif di Piala Presiden 2018. Kesebelasan kebanggaan bobotoh ini bahkan tak berdaya untuk sekadar lolos dari fase grup. Dengan berbagai persiapan dan evaluasi yang dilakukan setelah Piala Presiden 2018, Made berharap Persib bisa tampil garang di Liga 1 nanti.

“Kami pun waktu itu kan belum begitu komplet. Sekarang sudah latihan lumayan banyak dan sering, dan sudah lebih kompak lagi. Mudah-mudahan bisa meraih hasil maksimal di Liga 1,” tutur Made.

Persiapan individu

Selain berharap banyak pada program persiapan yang digelar secara tim, I Made Wirawan juga mengaku sudah siap secara individu. Penjaga gawang yang turut mengantar Persib juara pada 2014 ini akan berjibaku di bawah mistar bersama tiga kiper tim Pangeran Biru lainnya: M Natshir, Imam Arief, dan Aqil Savik.

“Secara individu, sudah lumayan bagus. Masih ada sisa waktu beberapa hari lagi jelang Liga 1 mudah-mudahan bisa lebih bagus lagi,” tutur Made.

Dia mengakui, beberapa bulan terakhir sempat mengalami gangguan kesehatan, bahkan sampai beberapa kali. Namun Made memastikan bahwa kondisi kebugarannya sudah normal kembali.

“Sebelumnya, waktu latihan terpisah itu, saya ada cedera dan gangguan kesehatan berupa pencernaan waktu itu, tapi itu sudah lama dan sudah bisa ikut latihan normal lagi. Kalau bicara persentase kondisi, mungkin sudah 97% lah. Susah kalau bilang 100%, karena setiap pemain bola juga pasti punya masalah masing-masing,” kata Made. (***)

sumber: pikiranrakyat.com

Editor :