Senin | 25 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Cabai Rawit Ternyata Ampuh Basmi Sariawan

MEDIAKEPRI.CO.ID – Sebagian masyarakat yakin bahwa untuk mengobati sariawan caranya adalah dengan banyak makan sambal cabai rawit, yang diyakini bisa mempercepat kesembuhan.

Alasannya, karena cabai rawit mengandung vitamin C yang membantu untuk mengatasi luka infeksi di rongga mulut tersebut.

Loading...

Terkait hal itu, Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, SpPM, PhD, menanggapi dengan menjelaskan demikian.

“Cabai rawit itu punya efek kuat seperti membakar. Efek itu muncul dari kandungan senyawa capsaicin pada cabai rawit,” jelas Rahmi dilansir laman liputan6.com, Rabu 14 Maret 2018.

Zat capsaicin di cabai rawit memang bersifat antioksidan, dan baik bagi kesehatan sebab dapat menangkal radikal bebas penyebab peradangan sariawan. Namun rasa zat tersebut jika terkena kulit akan perih dan panas.

Sebuah studi di Amerika Serikat menyebut bahwa kapsaisin dapat dicampurkan dengan air dan jadi obat kumur saat sedang sariawan. “Namun itu kan di luar negeri, kalau di sini saya sendiri tidak merekomendasikan,” tambah Rahmi.

Loading...

Menurutnya mencegah sariawan bisa dengan cara menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur antiseptik. Selain itu memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin adalah tindakan pencegahan yang aman dan nyaman.

“Penggunaan obat kumur pun harus sesuai indikasi. Sebaiknya gunakan obat kumur yang mengandung povidone iodine sebanyak satu persen,” jelas dia.

Jadi, memang benar cabai rawit dapat membantu menyembuhkan sariawan, namun ada cara lain yang lebih nyaman dan tidak menyakitkan bagi Anda. (***)

sumber: sidomi.com

Loading...
Loading...