Sabtu | 05 Desember 2020 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Di Kota Ini, Ada Sanksi dan Hukuman Jika Merokok Sembarangan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Malang – Jika anda merokok di wilayah Kabupaten Malang, sebaiknya berhati-hati dan memilih tempat yang merupakan kawasan merokok. Pasalnya, Peraturan Daerah (Perda) menerapkan aturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) antara DPRD dan Pemkab Malang.

Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan, sejumlah tempat yang dilarang untuk merokok di antaranya di semua fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik umum, klinik bersalin, ruang praktek dokter dan sebagainya.

Loading...

Selain itu, larangan merokok juga diterapkan di sekokah, kampus, tempat bimbingan belajar, perpustakaan, dan sebagainya.

Demikian juga di tempat ibadah, angkutan umum, perkantoran pemerintah maupun swasta, perusahaan, pabrik, pasar, tempat wisata, pertokoan, terminal, halte, gedung pertemuan, GOR, stasiun KA, dan sebagainya.

“Di tempat-tempat tersebut siapa pun tidak boleh merokok. Kalaupun merokok harus di tempat yang telah disediakan,” kata Rendra Kresna.

Dalam Perda KTR, bila ada atasan ataupun pimpinan tidak mengindahkan Perda KTR akan dilakukan penindakan. Bila pimpinan tersebut ASN, maka akan ditindak sesuai mekanisme sanksi dan aturan yang ada. Sedangkan bila pimpinan lembaga swasta maka terancam dicabut izin usaha dan sebagainya.

Loading...

“Maka dari itu, semua pihak harus mematuhi Perda KTR bila tidak ingin terkena sanksi dan hukuman,” ucap Rendra.

Rendra melanjutkan, penerapan Perda KTR tidak bisa dilakukan secara serentak. Melainkan akan dilakukan secara bertahap, terutama terkait penyediaan kawasan merokok bila larangan merokok sudah diterapkan.

Di samping itu, secara bertahap nantinya sanksi akan bisa diberikan kepada para perokok yang tidak mematuhi larangan merokok. (***)

sumber: inilah.com

Loading...
Loading...