Rabu | 23 Oktober 2019 |
pemkab lingga
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Lingga

LINGGA

Dinas Kebudayaan Serahkan SK Bupati Lingga Kepada Pengurus P3RT

Rabu | 28 Maret 2018 | 16:25

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan serahkan Surat keputusan SK Bupati Lingga Alias Welo ber nomor 76 / KPTS/2018. untuk pengurus Pelestrian Permainan Rakyat Teadisional (P3RT) guna memilihara serta mengembangkan permainan Masyarakat bunda tanah melayu agar tetap terjaga.

Kepala dinas kebudayaan M. Ishak melalui sekretaris kebudayan Kamarul zaman mengatakan, untuk persatuan permainan rakyat tradisional ini sudah mendapat persetujuan Bupati.dalam kepengurusan itu sudah dilegalkan melalui SK. oleh Bupati Lingga.untuk priode 2018 – 2021.

” Terima kasih sebelumnya kepada bupati yang telah menandatangani SK dan juga perhatian permainan rakyat trdisional kabupaten lingga.diharapkan kpd P3RT agr mengadakan rapat penyusunan progam kerja tahunan.adrt melangkapi syrat organisasi ” ujarnya.

Dijelaskannya dalam pembagian SK itu terdiri dari lima bagian permainan diantaranya bidang permainan gasing, bidang permainan kasti, bidang permainan layang layang, bidang permainan jongkong sampan dan sampan layar ,bidang permainan jong serta bidang permainan lainnya.

lebih jauh katanya khususnya dibidang gasing, layang layang dan jong bagaimana kedapan pengurus P3RT ini memberikan standarisasi dari item permainan terdisional itu satu diantaranya bagai bagaimana memangkah gasing.bentuk baku dari sebuah gasing serta pakaiannya.

” Insya allah kedepan dalam waktu dekat teman teman yang sudah mendapat legalitas ini dapat membuat sekretariat ” ujarnya kepada mediakepri.co.id Rabu 28 maret 2018.

berharap kepada kawan kawan pengurus yang sudah di bentuk ini.agar dapat bekerja untuk melestarikan nilai budaya melayu yang kita punya selama ini.agar lebih dikenal di kancah nasional maupun inter nasional

Ditempat yang sama Sekertaris Bakesbang Pol Armia mengatakan kami sangat menyambut baik dari sebuah program dinas kebudayaan dengan membentuk sebuah lembaga permainan rakyat yang sudah mendapat legalitas dari SK Bupati Lingga.

Dikatakan Armia, bahwa suatu lembaga dapat di akui harus juga memiliki badan hukum yakni Akta notaris.Dirinya menyarankan kepada pengurus untuk membuat akta notaris agar kedepan dalam waktu dekat Pemerintah Daerah dapat mengangarkan melalui APBD- P.

menurutnya ini tidak sama seperti LSM yang lain.kalau LSM itu tidak ada mendapatkan SK bupati.karna itu butuh tiga tahun untuk mendapatkan dana hibah dari pemerintah Daerah, kalau suatu lembaga seperti ini tidak harus menunggu tiga tahun untuk dianggarkan.

” Berharap agar pengurus yang dibentuk ini agar kedepan dapat menyumbangkan dipopda pekan olah raga pelajar daerah yang akan datang.karna ada dipopda itu item permainan rakyat ” imbuhnya. (meteo)

Editor :