Senin | 20 September 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Ini Bahaya yang Akan Ditimbulkan Akibat Menahan Bersin

MEDIAKEPRI.CO.ID – SETIAP orang pasti pernah bersin. Entah itu bersin karena alergi debu atau saat Anda tidak sengaja menghirup lada yang ada pada makanan. Pada saat itulah ada mulai merasa hidung Anda gatal, mata berair dan kemudian mulai bersin-bersin.

Cara Anda bersin saat berada di rumah sendiri, sangatlah berbeda dari saat Anda sedang dalam pertemuan dengan atasan Anda ataupun pada saat Anda sedang makan malam dengan pasangan Anda.

Jika di rumah Anda dapat bersin dengan suara yang keras, namun jika Anda sedang berada di situasi yang di sebutkan di atas, mungkin Anda akan berusaha untuk menahan bersin itu. Tapi mungkinkah menahan bersin dapat membunuh kita?

Sebuah penelitian di tahun 2013 menemukan bahwa bersin dapat mendorong udara keluar dari kanal hidung mendekati 4.5 meter per detik.

Saat bersin, semua tekanan udara yang telah di bangun di paru-paru Anda akan mencoba keluar dari hidung Anda. Ketika Anda menghalangi jalur keluarnya udara tersebut dengan menjeppit hidung atau menutup mulut saat bersin, hal tersebut akan memaksa udara keluar melalui telinga Anda.

Tekanan udara tersebut akan mencoba keluar kembali melalui tabung eustachius telinga dan masuk ke telinga tengah, yang dapat menyebabkan kerusakan seperti gendang pecah. Hal tersebut juga dapat menyebabkan kehilangan pendengaran atau pusing yang berkepanjangan.

Menahan bersin tidak hanya dapat memengaruhi telinga Anda saja. Dilansir dari howstuffworks.com, menahan bersin juga dapat menyebabkan pembuluh darah mata pecah.

Dampak lainnya adalah Anda dapat mencederai diafragma, otot horizontal yang membentang di bagian bawah tulang rusuk. Selain itu, tekanan darah mendadak menjadi tinggi dikarenakan menahan bersin dapat membuat pembuluh darah di otak pecah.

Bersin yang terlalu keras juga dapat menyebabkan cedera pada leher, atau untuk seseorang yang baru saja melakukan operasi sinusitis, yang memaksa udara masuk di bagian sekitar mata dan menyebabkan mata menonjol. Hal yang disebabkan karena menahan bersin yang paling parah adalah dapat menyebabkan stroke dan bahkan kematian.

Jadi cara yang terbaik untuk menghindari hal-hal di atas adalah dengan tidak menahan bersin. Bersin sendiri memiliki peran penting dalam hal membersihkan hidung Anda dari bakteri dan virus. Jika ada sedang dalam situasi formal, seperti bertemu dengan atasan Anda, Anda bisa gunakan tisu atau membalikkan badan Anda saat bersin agar orang-orang di sekitar Anda terbebas dari kuman.(***)

sumber: pikiranrakyat.com