Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Jangan Lewatkan Sarapan untuk Kesehatan

MEDIAKEPRI.CO.ID – Sarapan pagi sangat vital. Kegiatan ini memicu metabolism tubuh di pagi hari, membantu membakar kalori sepanjang hari dan juga memberikan energi yang kita perlukan untuk beraktivitas.

Banyak penelitian yang telah menghubungkan kebiasaan makan pagi dan pengaruhnya terhadap kesehatan, termasuk peningkatan kemampuan memori yang lebih baik serta memperbaiki konsentrasi. Sarapan pagi juga disarankan karena menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), memperkecil resiko terkena diabetes, penyakit jantung dan obesitas.

Loading...

Otot dan otak memerlukan energi yang berasal dari glukosa, pada saat bangun tidur kadar glukosa ini rendah. Melewatkan pola makan pada pagi hari biasanya akan mengakibatkan individu merasa kekurangan makanan dan akan dibalas dengan makan berlebihan di siang atau sore hari.

Sarapan juga membantu kita untuk memperoleh beberapa jenis vitamin dan mineral dari makanan sehat seperti gandum, dan buah. Jika kita memilih sarapan dari menu yang tidak sehat maka tubuh kita kehilangan kesempatan untuk mendapat nutrient yang baik ini.

Anak-anak yang melewatkan sarapan akan lebih cenderung untuk makan-makanan yang tidak sehat (junk food) sepanjang hari dan biasanya memiliki berat badan berlebih. Sebuah penelitian menunjukkan hasil yang signifikan di mana anak-anak yang sarapan secara rutin, body mass index-nya jauh lebih rendah dari pada anak-anak yang tidak sarapan secara rutin.

Bagi individu yang kurang menyukai sarapan dapat makan sedikit pada saat satu jam setelah bangun tidur. Namun hindarilah makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti goreng atau donut. Sebaiknya sarapan terdiri dari karbohidrat kompleks, protein dan serat. Gandum oatmeal, susu rendah kalori, buah, yogurt atau kacang-kacangan merupakan pilihan sarapan yang baik. (***)

Loading...

sumber: inilah.com

Loading...
Loading...