Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Unik, “Bike On The Street Everybody Happy” Mempermudah Sewa Sepeda untuk Jalan Santai Keliling Bandung

Selasa | 27 Maret 2018 | 15:18

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bandung – Jalan-jalan santai di Bandung naik sepeda, kenapa tidak? Ini jadi opsi buat traveler yang mau olahraga sambil jalan-jalan.

Pada saat musim liburan atau libur akhir pekan, wisatawan bisa menjelajahi berbagai objek wisata yang ada di Kota Bandung dengan sepeda.

Program sewa sepeda Kota Bandung yang diberi nama Bike on the Street Everybody Happy (Boseh) tersedia di beberapa spot kota Bandung seperti Museum Geologi/Loop Station, Taman Lansia, SMAN 20 (Masjid Istiqomah), Cikapundung Timur, Alun-alun Selatan, Alun-alun Utara (Masjid Agung), Jalan Dalemkaum, Taman Pramuka dan Taman Cibeunying.

Namun, pengunjung harus memiliki kartu Bandung e-transport terlebih dahulu untuk melakukan sistem pembayaran. Cara untuk mendapat kartu itu cukup mudah. Pengunjung hanya perlu memperlihatkan KTP elektornik (e-KTP) dan melakukan top up minimal Rp 10.000. Kartu itu bisa didapat di seluruh outlet penyewaan sepeda di Bandung.

Boseh adalah sistem penyewaan sepeda dengan teknologi modern hasil kolaborasi Banopolis dan Pemerintah Kota Bandung. Banopolis adalah konsultan transportasi yang fokus pada non-motorized transportation (transportasi berbasis non-motor).

Yang unik dari Boseh ini, kita bisa meminjam dan mengembalikan sepeda di stasiun terdekat dan mengembalikannya di stasiun manapun.

Cara bertransaksinya sangat mudah dan sederhana. Jika akan meminjam, pelanggan yang sudah memiliki kartu tinggal datang ke stasiun terdekat dan melakukan transaksi peminjaman di terminal dengan menempelkan kartu di tempat yang tersedia.

Di layar akan muncul opsi meminjam atau mengembalikan. Ketika memilih opsi peminjaman, sistem akan otomatis membuka sepeda yang terkunci di dock. Sementara jika mengembalikan, pelanggan bisa mendatangi stasiun manapun, dengan cara menempelkan sepeda ke dock yang kosong, tap kartu ke konsol terminal lagi, kemudian log out.

Untuk lebih memudahkan saat akan meminjam atau mengembalikan sepeda, pengguna disarankan untuk mengunduh aplikasi Boseh Bikesharing Bandung melalui ponsel pintar. Dalam aplikasi yang menampilkan peta realtime itu, akan terpantau titik lokasi stasiun, jumlah dock berisi sepeda, dan jumlah dock kosong untuk mengembalikan sepeda. (***)

sumber: detik.com

Editor :