Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

WOW Disini Ada Sawo Berukuran Jumbo Loh

Selasa | 20 Maret 2018 | 9:33

MEDIAKEPRI.CO.ID, Ponorogo – Buah sawo yang dikembangkan Zaky Arista, warga Ponorogo, terbilang berbeda dibanding ukuran buah sawo pada umumnya. Pasalnya, satu buah sawo hasil tanaman di kebun Zaky sapaannya, bisa mencapai bobot 1-2,7 kg.

“Sawo ini berasal dari Amerika Serikat, tapi bibitnya saya beli dari Demak,” tutur Zaky saat ditemui detikcom di rumahnya Jalan Rumpuk, Kelurahan Kertosari, Selasa 20 maret 2018.

Zaky menerangkan buah sawo raksasa atau Mamey sapote (Pouteria sapota) yang merupakan species tanaman pohon sawo dari Amerika Tengah.

“Pohon saya ini sudah berumur 8 tahun, meski sudah banyak di kalangan penghobi tanaman. Namun sawo ini bukan asli Indonesia,” jelas Zaky.

Alumni Universitas Brawijaya ini menambahkan buah sawo jumbo yang tumbuh di pekarangannya ini termasuk tanaman langka. Meski begitu, saat berbuah tidak perlu mengenal musim.

“Dari kecil sampai buah matang bisa memakan waktu 10 bulan, satu pohon biasanya sampai 20 buah,” terang Zaky.

Zaky mengklaim di Ponorogo hanya ada satu-satunya pohon sawo jumbo di rumahnya. Rasanya pun hampir sama dengan sawo pada umumnya, cenderung manis namun tidak lengket. “Di Ponorogo yang berhasil berbuah satu-satunya hanya di sini,” tegas dia. (***)

sumber: detik.com

Editor :