REGULASI

Jalani UNBK, Walikota Himbau Orangtua untuk Ikut Serta Awasi Kesehatan Anaknya

Senin | 09 April 2018 | 15:05

MEDIAKEPRI.CO.ID, Pasuruan – Wali Kota Pasuruan Setiyono melakukan sidak ke beberapa SMA di Kota Pasuruan dalam rangka mengecek pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin, 9 April 2018.

Dalam sidak kali ini, Setiyono didampingi Sekda Kota Pasuruan Bahrul Ulum dan Indah Yudiani selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk Kota Pasuruan.

Sidaknya dilakukan di tiga titik 3 yakni SMK Bayt Al Hikmah, SMAN I dan MAN Kota Pasuruan.

Dalam proses sidak ini, Setiyono tidak menemukan kendala sedikit pun.

Pelaksanaan UNBK hari pertama, mata pelajaran Bahasa Indonesia berjalan lancar.

Tidak ada siswa yang absen ujian, baik itu disebabkan sakit, izin atau tanpa keterangan.

Tidak ada laporan tentang listrik padam atau kendala jaringan internet.

Setiyono mengimbau kepada orang tua untuk ikut menjaga putra-putrinya yang mau ujian.

Ia meminta orang tua untuk ikut mengawasi kegiatan atau aktivitas anak-anaknya.

“Yang perlu diawasi, khususnya anak laki-laki, biasanya begadang sampai larut malam, saya minta untuk dilarang. Ini demi kebaikan mereka juga. Orang tua harus berperan juga. Kalau mereka tidak mengikuti ujian karena sakit, mereka juga yang akan rugi,” kata dia.

Kepada para pelajar kelas XII, Setiyono juga mengimbau kepada mereka untuk dapat menjaga kesehatan selama pelaksanaan ujian.

Tingkatkan intensitas belajar. Rileks dan jangan tegang.

Terpenting, kata dia, jangan lupa berdoa ke Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk soal teknis, Setiyono menegaskan, pihaknya sudah mengintruksikan kepada semua sekolah untuk siap dalam menghadapi kendala-kendala yang kemungkinan akan ditemui dalam UNBK.

“Kalau ada jaringan yang rusak atau bermasalah, sekolah harus siap. Jangan sampai siswa fokus pikirannya terganggu akibat internet yang trouble atau tiba-tiba listrik padam. Semua sekolah harus stand by dan memastikan semuanya berjalan aman dan lancar,” tambah dia.

Ia juga mendoakan, semua siswa-siswi yang mengikuti ujian diberikan kemudahan dalam proses pengerjaannya dan akan mendapatkan hasil maksimal.

“Saya berharap semua siswa dan siswi lulus 100 persen,” ungkap dia.

Sekadar diketahui, jumlah siswa SMA/MA Negeri/Swasta se-Kota dan Kabupaten Pasuruan yang menghadapi UNBK mencapai 10.568 anak.

Rinciannya, 1649 siswa-siswi SMA/MA Negeri se-Kota Pasuruan dan 8919 pelajar SMA/MA Negeri swasta se-Kabupaten Pasuruan. (***)

sumber: tribunnews.com

Editor :