Sabtu | 23 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Sembilan Jam Diperiksa, Akhirnya KPK Tahan Zumi Zola untuk 20 Hari Pertama

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Setelah sembilan jam menjalani pemeriksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan untuk menahan Gubernur Jambi, Senin, 9 April 2018 sekitar pukul 18.30 WIB. Sebelumnya, Zumi Zola mendatangi Gedung anti rasuah tersebut sekitar pukul 09.30 WIB.

“Ditahan 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta kepada wartawan yang menunggu di Gedung KPK, Senin, 9 April 2018

Loading...

Informasi di lapangan, pemeriksaan terhadap orang nomor satu di Jambi ini diduga menggunakan kekuasaannya untuk meloloskan sejumlah proyek di Jambi. Atas jasa tersebut, Zumi menerima imbalan yang nilainya fantastik yakni kurang lebih Rp1 miliar.

Zumi sebelumnya juga diduga turut terlibat dalam kasus dugaan suap pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018 yang dibongkar KPK lewat operasi tangkap tangan (OTT). Ada empat orang yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus ‘uang ketuk’ RAPBD tersebut, tiga di antaranya anak buah Zumi di Pemprov Jambi.

Keempat tersangka itu, yakni Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik; Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi, Arfan; Asisten Daerah Bidang III Jambi Saipudin; dan Anggota DPRD Jambi dari Fraksi PAN, Supriyono.

Dari OTT, KPK mengamankan uang sebesar Rp4,7 miliar dari total Rp6 miliar yang diduga telah disiapkan pihak Pemprov Jambi untuk anggota DPRD Jambi.

Loading...

Atas perbuatannya Zumi dijerat dengan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Pantauan di lapangan, terlihat Zumi Zola murung ketika petugas menggiringnya menuju kendaraan untuk membawanya ke ruang tahanan. Dengan menggunakan baju rompi tahanan KPK, Zumi terlihat lesu dan lemas. (int)

Loading...
Loading...