BATAM

Ribuan Pekerja Teriakan Tuntutan Buruh di Pemko Batam, Jika Poin Ini Tak Dipenuhi, Bakal Demo Lebih Banyak Lagi

Selasa | 01 Mei 2018 | 16:40

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – 1 Mei adalah hari buruh internasional. Pada momen ini, kaum buruh merayakan hari besar mereka dengan cara dan gayanya masing-masing, begitu juga dengan buruh di Batam.

Ribuan buruh yang terdiri dari beberapa perusahaan di Batam turun memperingati hari buruh di Kantor Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Selasa, 1 Mei 2018. Dari berbagai aliansi dan organisasi buruh yang ada satu suara untuk menuntut sejumlah poin tuntutan.

Ribuan buruh ini kompak untuk menolak PP Nomor 78 Tahun 2015 mengenai pengupahan, harga sembako diturunkan, dan penurunan harga BBM serta tarif dasar listrik.

Selain itu, mereka akan menyampaikan penolakan terhadap Perpres Nomor 20 Tahun 2018 mengenai tenaga kerja asing yang dinilai menyakiti pekerja lokal. Janji pemerintah untuk menyediakan jutaan lapangan kerja tidak kunjung bisa untuk ditepati.

“Lapangan kerja yang disediakan untuk pekerja asing. Khususnya tenaga kerja dari China,” teriakan orator yang disambut teriakan ribuan buruh tersebut.

Selain masalah pokok yang berkaitan dengan kepentingan mereka, buruh juga mendesak pemerintah untuk membuat keputusan mengenai upah sektoral. Mereka mengancam apabila hal ini tidak dilegalkan, maka mereka akan mendesak dengan aksi yang lebih besar. (bayu wasono)

Editor :