HARI INI SEJARAH

Peringatan Hari Palang Merah Sedunia Tidak Lepas dari Jasa Henry Dunant

Selasa | 08 Mei 2018 | 11:32

MEDIAKEPRI.CO.ID – Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, atau biasa disingkat Palang Merah, merupakan kumpulan dari organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Gerakan Palang Merah terbagi menjadi Komite Internasional Palang Merah, sebagai institusi privat kemanusiaan, Federasi Internasional Komunitas Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yang mengatur aktivitas anggota pergerakan palang merah dan bulan sabit merah di 188 negara yang tergabung, Komunitas Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit yang hadir di setiap negara di dunia.

Setiap tahunnya sejak tahun 1948, 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Sedunia untuk menghargai jasa penemu Gerakan Palang Merah Dunia, Henry Dunant, yang juga lahir di tanggal yang sama. Peringatan Hari Palang Merah Sedunia bertujuan untuk menginspirasi, memfasilitasi, dan juga mempromosikan seluruh aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh Komite Internasional Palang Merah dan anggota Komunitas Nasional yang ikut tergabung.

Selain itu, peringatan tersebut juga digunakan sebagai kesempatan untuk menghargai jasa para relawan dan staf yang berjuang menyelamatkan nyawa orang banyak.

Di tanah air, Palang Merah Indonesia PMI ada dimana-mana, dari ujung barat sampai timur negara Indonesia. Dari Pulau Weh sampai Merauke, dari pantai sampai ke gunung-gunung, di dusun, kampung sampai ke kota metropolitan. Keberadaan PMI dimanapun telah terbukti selalu memberikan manfaat kepada semua orang, terutama bagi sesama yang membutuhkan, atas dasar kemanusiaan.

PMI hadir dan berbuat sesuatu untuk menolong, mengobati, menyembuhkan, menyatukan dan melindungi siapa saja yang membutuhkan, tanpa memandang agama, suku atau ideologi politik.

Dengan mengenal dan memperingati hari Palang Merah semoga dapat menambah rasa kepedulian kita antar sesama. Dengan melalui berbagai cara termasuk lewat Palang Merah Indonesia, mari kita bersatu saling membantu sesama warga negara untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.(***)

sumber:gprecords.co.id

Editor :