TIPS SEHAT

Selain Sehatkan Mata, Ini Loh Manfaat Buah Melon Oranye

Selasa | 08 Mei 2018 | 22:46

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Buah melon oranye yang manis renyah punya sejumlah nutrisi menyehatkan tubuh. Diantaranya memperlancar peredaran darah hingga mencerahkan kulit.

Buah melon tidak hanya berwarna hijau. Ada juga yang berwarna oranye. Buah melon berdaging oranye sering disebut muskmelon. Rasanya mirip dengan melon hijau biasa. Manis dan berdaging renyah. Apalagi buah ini mengandung banyak air. Sehingga sangat enak dimakan saat cuaca terik.

Selain manis renyah buah ini juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Ini dia tujuh manfaat yang diberikan melon oranye.

1. Menyehatkan mata

Berdasarkan buku berjudul ‘Healing Foods’, warna oranye cerah yang ada pada muskmelon terbentuk karena adanya kandungan beta-karoten. Beta-karoten sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga mengandung zeaxanthin. Zeaxanthin senyawa yang bisa menjaga mata tetap sehat walau saat usia senja.

2. Tingkatkan kesehatan kulit

Melon oranye ternyata buah yang ajaib. Terlebih pada kulit Anda. Buah ini mengandung kolagen yang bisa mengencangkan jaringan kulit. Sehingga bisa cegah kulit kendor. Selain itu, vitamin C yang ada bisa mencerahkan kulit secara natural.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh

Buah manis berwarna cerah ini bisa tingkatkan sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh meningkat berkat kandungan vitamin C yang ada. Selain itu, vitamin c bisa menstimulus produksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri bisa melawan bakteri jahat, virus, dan zat beracun lainnya.

Vitamin lain yang ada pada buah ini adalah vitamin A. Gabungan antara vitamin A, beta-karoten, dan phytochemical yang ada bisa melawan radikal bebas.

4. Menghidrasi kulit

Buah ini cocok disantap saat cuaca terik. Karena punya kandungan air yang tinggi. Kandungan air pada buah ini sebesar 90%. Karenanya tubuh akan terhidrasi dengan baik setelah makan buah ini.

5. Bantu tumbuhkan rambut

tapi juga untuk kesehatan rambut. Vitamin ini bisa jadi fasilidator produksi sebum. Sebum merupakan sekresi kelenjar sebasea yang ada di bawah kulit kepala. Sehingga menjaga rambut sehat dan lembab.

6. Menstabilkan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi, buah ini bisa jadi pilihan tepat untuk dikonsumsi. Buah lembut ini kaya akan potassium. Potassium bisa melemaskan pembuluh darah. Sehingga memperlancar aliran darah sekaligus menstabilkan tekanan darah.

7. Kaya nutrisi

Buah ini tidak hanya manis dan memperlancar tekanan dalam darah. Tapi mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Berdasarkan buku ‘Healing Food’, dalam seporsi, buah ini bisa mencukupi setengah dari kebutuhan vitamin C dan A harian. Vitamin C dan A sendiri punya banyak manfaat bagi tubuh. (***)

sumber: detik.com

Editor :