KARIMUN

Sebanyak 1.025 Rombongan dari Kabupaten Karimun Ikuti Pawai Ta’aruf MTQ Tingkat Provinsi Kepri

Rabu | 09 Mei 2018 | 22:13

MEDIAKEPRI.CO.ID, Karimun – Sebanyak 1.025 rombongan dari Kabupaten Karimun ikuti Pawai Ta’aruf pada pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Ke-7 di Kabupaten Lingga, Kecamatan Dabok Singkep, Selasa, 8 Mei 2018.

”Alhamdulillah kita membawa hampir 700 orang. Namun digabung dengan masyarakat Karimun yang telah menetap di Kabupaten Lingga ini, mereka ikut serta meramaikan pawai kafilah kita. Jadi total keseluruhan 1025 orang,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq, usai hadiri pelaksanaan Pawa Ta’aruf.

Dalam kesempatan ini, Rafiq juga mengucapkan terimakasih nya kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang telah ikut tampil untuk Pawai Ta’aruf dengan semangat yang sangat luas biasa.

“Saya berterimakasih kepada masyarakat Kabupaten Karimun khususnya yang hari ini ikut tampil pawai takruf. Sampai-sampai masyarakat Karimun yang bermukim di Kabupaten Lingga juga ikut. Masalah nanti juara atau tidaknya terpulang kepada tim penilai,” ujarnya.

Rafiq menjelaskan, dalam pelaksanaan Pawai Ta’aruf MtQ Tingkat Provinsi Kepri Ke-7 tersebut Kabupaten Karimun menampilkan empat Azam Kabupaten Karimun, mulai dari Azam iman dan taqwa, Azam sumberdaya manusia, Azam ekonomi kerakyatan dan juga Azam seni dan budaya.

“Yang kita tampilkan adalah empat azam pembangunan Kabupaten Karimun yang merupakan empat azam yang dikaitkan dengan MTQ. Oleh karena itu yang kita tampilkan adalah berkaitan dengan adat istiadat kita Melayu.

Agama, budaya, ekonomi, pemerintahan, termasuk forum pembaharuan karena ada reog dan barongsai. Ini adalah seni dan budaya bagaimana merekat persamaan dan kesatuan seluruh etnis di Kabupaten Karimun,” jelasnya.

Rafiq menambahkan, selain itu juga membawa serta menampilkan produk-produk makanan tradisional dan produk ekonomi kerakyatan Kabupaten Karimun.

“Contoh produknya makanan tradisional seperti ketupat loe, bingka, lakse dan makanan tradisional lainnya. Disamping itu kita juga menampilkan produk ekonomi kerakyatan kita.

Ada kerajinan yang bersumber dari timah, ada kerajinan ukiran, lukisan dan semua bisa jadi souvenir dan dapat dipesan baik masyarakt Kepri dan Karimun tentunya,” tambahnya. (kmg/ian)

Editor :