BATAM

Jelang Puasa, Kenaikan Harga Kebutuhan Masyarakat Tetap Ada Tapi Masih dalam Batas yang Wajar

Kamis | 10 Mei 2018 | 23:41

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Jelang Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok sudah mulai merangkak naik. Kenaikan yang menonjol ada pada harga telur dan cabe merah keriting.

Pantauan di lapangan seperti yang dikutip di BatamPro.id di sejumlah pasar di daerah Batamkota, harga telur yang semua Rp 37.750,- per papannya, kini naik menjadi Rp39.000,-. Sedangkan cabe merah keriting, dari Rp 39.250,- per kilo, menjadi Rp 41.000,-.

Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok ini dibenarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Pemko Batam.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kota Batam, Adisthy mengatakan meski ada sejumlah komponen yang naik, tapi juga sebagian cenderung mengalami penurunan.

“Mulai naik, tapi ada juga yang turun seperti beras dan daging sapi lokal,” ungkapnya.

Dari data yang dipegang oleh Disperindag Batam, harga beras premium yang semula Rp 328.000,- per 25 kilogram, turun menjadi Rp 320.000,-.

“Kalau daging sapi lokal, biasanya 137 ribu, sekarang 135 ribu per kilonya,” papar ASN berhijab ini seraya mengatakan Kenaikan terhadap sejumlah bahan pokok ini masih berada di batas wajar.

“Kami selalu memantau perkembangan harga pasar untuk kebutuhan pokok dan mencari solusi-solusinya jika memang mengarah kepada kenaikan yang signifikan,” jelasnya.

Untuk saat ini, Adisty mengatakan inpeksi pasar belum dibutuhkan.

“Semua masih wajar-wajar saja, kalau pun dibutuhkan, kemungkinan inpeksi pasar akan kami gelar dua hari jelang Ramadan,” paparnya.

Ia berharap, tidak ada lonjakan harga sembako jelang dan saar Ramadan nanti, karena menurutnya stok smbako Batam masih aman.(miksan)

Editor :